Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Andalkan Crossdrain



Reporter:    /  @ 03:32:15  /  8 Oktober 2014

    Print       Email

Peninggian jalan di sebelah barat Terminal Induk Kudus masih dilakukan bebarengan dengan pembuatan crossdrain, sebagai upaya mengantisipasi genangan air ketika hujan. (KOMA / Faisol Hadi)

KUDUS – Antisipasi menekan terjadinya genangan air saat musim hujan, pada bulan-bulan mendatang tetap dilakukan oleh pihak terkait. Di antaranya dengan mengandalkan crossing drainase (crossdrain), yang saat ini mulai dilakukan bersamaan dengan proyek peninggian jalan akses masuk kota Kudus. Yaitu di peninggian Jalan R Agil Kusumadya, yang berada sebelah timur.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Cipkataru) Kudus, Didik Tri Prasetya melalui Kepala Seksi Permukiman Penduduk, Suharto menjelaskan, memang benar pada tahun anggaran 2014 Dinas Cipkataru ada pekerjaan untuk membuat bak kontrol crossdrain. Namun hal tersebut tidak jadi dilakukan, karena sudah di-cover oleh pihak terkait pelaksana pekerjaan peninggian akses masuk kota Kudus.

”Rencana pembuatan crossdrain ada di dua titik, yaitu di depan pos polisi yang ada di pertigaan jalan masuk kota Kudus, atau tepatnya barat Terminal Induk. Satu lagi berada di pintu keluar Terminal Induk, tepatnya di sebelah timur,” ujarnya (7/10).

Ia menambahkan, saat ini proses peninggian jalan sudah mulai berjalan. Bersamaan dengan itu, pekerjaan pembuatan crossdrain pun dilakukan.

”Target penyelesaian pada Desember 2014, dan diharapkan bisa tepat waktu,” tuturnya. 

Ia menambahkan, sebenarnya untuk menekan terjadinya di wilayah perkotaan tidak hanya terpaku pada satu titik saja. Yaitu revitalisasi dan pembuatan bak kontrol crossdrain, melainkan saat ini masih dikerjakan sejumlah upaya revitalisasi drainase lingkungan.

”Di antaranya adalah, Jalan Jendral Sudirman, R Agil Kusumadya, HOS Cokroaminoto, dan KHR Asnawi,” terangnya.

Untuk sementara, pihaknya masih menggarap sejumlah titik tersebut sebagai target pertama. Namun, jika memungkinkan titik revitalisasi bisa melebar.

”Kami sesuaikan kondisi, dan yang pasti fungsi drainase bisa maksimal,” imbuhnya. (Titis Ayu)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →