Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Pedagang Ngabul Direlokasi



Reporter:    /  @ 03:27:57  /  8 Oktober 2014

    Print       Email

Pasar Ngabul Baru siap ditempati para pedagang dari Pasar Ngabul Lama yang akan dipindahkan, Kamis (9/10) besok. Persoalan yang sempat menunda pengoperasionalan Pasar Ngabul Baru itu, sudah terpecahkan dengan mediasi pemkab. (KOMA / Wahyu KZ)

JEPARA – Para pedagang di Pasar Ngabul Lama, akan direlokasi pada Kamis (9/10) besok. Tahap pertama, pedagang yang akan dipindah berada di sepanjang trotoar pasar. Upaya relokasi pedagang di Pasar Ngabul Lama itu, telah disiapkan pemkab bersama instansi terkait.

Wakil Bupati Subroto mengatakan pedagang yang kali pertama direlokasi, memang yang berada di luar pasar. Sebab, selama ini pedagang yang berada di trotoar pasar dinilai membuat arus lalu lintas macet. Bahkan, tak jarang membahayakan keselamatan pembeli dan penjual, karena aktivitas pasar sampai ke tengah jalan.

”Ini sudah sesuai dengan kesepakatan antara petinggi, investor, panitia pembangunan dan pedagang pasar. Pedagang yang ada di trotoar akan dipindahkan ke pasar baru, dan ditempatkan di halaman pasar,” kata Subroto, kemarin.

Subroto menambahkan, persoalan yang selama ini menjadi kendala dalam pengoperasional Pasar Ngabul Baru sudah terpecahkan. Menurutnya, hal itu dikarenakan kurang adanya koordinasi antara petinggi lama dengan petinggi baru. Sehingga, hal itu membuat kendalam dalam pengoperasian pasar baru itu. ”Saya kira itu sudah diluruskan,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pembangunan Pasar Ngabul Baru Yuni Sulistyo menambahkan, sebenarnya Pasar Ngabul Baru tidak ada masalah. Secara administrasi dan hukum, tidak ada permasalahan. 

”Memang, ada beberapa fasilitas yang belum selesai dibangun. Untuk gorong-gorong, dalam waktu dekat akan direalisasikan,” ujarnya.

Lebih lanjut Yuni menjelaskan, dari 350-an kios dan 600-an los yang ada di Pasar Ngabul Baru hanya 40-an yang belum terjual. Nantinya, para pedagang di Pasar Ngabul Lama akan menempati los dan kios di sisi paling luar.

Diketahui, Pasar Ngabul Baru seluas 20 ribu meter persegi. Sementara, jumlah pedagang di Pasar Ngabul Lama sebanyak 600-an pedagang. (Wahyu KZ / Aries Budi)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →