Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Izin Trayek Sinar Mandiri bisa Dicabut



Reporter:    /  @ 03:11:09  /  8 Oktober 2014

    Print       Email

REMBANG – Anggota DPR RI Arwani Thomafi mendesak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) agar segera melakukan investigasi terhadap manajemen pengelolaan PO Sinar Mandiri. Hal itu terkait kecelakaan yang melibatkan PO Sinar Mandiri di pantura Lasem (Sabtu, 4/10) sekitar pukul 19.00, dan menewaskan seorang warga Desa Soditan Kecamatan Lasem, HM Nurul Huda (61).

”Jangan sampai ada semacam target setoran yang dipatok tinggi sehingga menyebabkan sopir bertindak ugal-ugalan dan mengabaikan tingkat keselamatan penumpang serta pengguna jalan yg lain. Jika ada yang terbukti demikian, maka sepantasnya Kemenhub dapat memberikan sanksi berupa pembekuan izin trayek bahkan bisa sampai tahap pencabutan,” tandasnya.

Angota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) III Jateng yang akrab disapa Gus Aang itu menilai, kecelakaan tersebut wajib mendapatkan perhatian serius dari para pemangku kepentingan. Selain penyidikan terhadap adanya dugaan pelanggaran lalu lintas yang terjadi, PO Sinar Mandiri kerap mengalami kecelakaan lalu lintas. 

”Kecelakaan yang melibatkan PO Sinar Mandiri kerap terjadi dan merenggut nyawa pengguna jalan. Jika sering kecelakaan dan memicu kemarahan masyarakat, maka Kemenhub perlu melakukan investigasi terhadap managemen pengelolaan PO tersebut,” ujar Arwani Thomafi, Senin (6/10), kemarin.

Hal terpenting yang perlu diperhatikan, lanjut dia, terkait pembinaan terhadap kru dan manajemen sistem kerja. Pembinaan terhadap kru terkait dengan bagaimana agar para kru siap secara fisik dan mental dlm bekerja. Sehat fisik, mental, dan tidak dalam pengaruh alkohol. Dalam hal manajemen sistem kerja, ada kekhawatiran managemen menerapkan sistem kerja yang terlalu berat dg target capaian jumlah penumpang yang didapatkan. (Ahmad Feri/Sumarni)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →