Loading...
You are here:  Home  >  Politik & Pemerintahan  >  Artikel ini

Candi Angin, Misteri Tertinggi Tempur



Reporter:    /  @ 20:23:42  /  6 Oktober 2014

    Print       Email

Inilah Candi Angin, yang terletak di atas ketinggian 1.200 mdpl. Sebuah bangunan yang masih menyimpan misteri karena belum diketahui dengan pasti pada abad kapan candi ini dibangun. (KOMA/SUPRIYADI)

KORAN MURIA – Ada satu bangunan di Desa Tempur, Kecamatan Keling, yang masih menyimpan misteri hingga saat ini. Berada di ketinggian kurang lebih 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl), bangunan ini menunggu untuk benar-benar bisa dibuka misterinya. Lokasi candinya sendiri, tepatnya di Dukuh Duplak, desa setempat.
Namanya Candi Angin. Tidak selayaknya candi-candi yang sudah sedemikian terkenal di Indonesia, Candi Angin justru jauh dari bentuk normal candi lainnya. Hanya berupa tumpukan batu-batu andesit, yang kemudian dikonstruksi berundak-undak. Dengan satu undakan tertinggi, yang seolah memperlihatkan bagaimana struktur kehidupan manusia itu sendiri.

Bangunan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin berkunjung ke Tempur. Selain tentunya pemandangan alamnya yang luar biasa untuk bisa dinikmati. Tidak ada yang tahu pasti, kapan sebenarnya Candi Angin dibangun. Ada yang mengatakan jika candi ini dibangun pada abad ke-7 atau 8 Masehi. Jauh sebelum Candi Borobudur dibangun. Namun, semuanya masih misteri, karena sejauh ini belum pernah ada penelitian ilmiah yang dilakukan secara mendalam terhadap asal muasal candi tersebut. Candi Angin seolah ”pelit” memberikan tanda, tentang dari siapa dia sebenarnya diwariskan.
Candi Angin terletak di antara deretan Pegunungan Muria yang ada di Desa Tempur. Selain bangunan yang sudah terlihat sekarang ini, dipercaya bahwa masih ada bangunan lain yang tersembunyi di bawah gundukan tanah yang menutupi candi ini. Apalagi di lokasi yang tidak berjauhan, ada juga bangunan serupa yang dinamai warga dengan Candi Bubrah. Namun bagaimana hubungan kedua candi ini, juga belum diketahui pasti. Candi Bubrah seolah melengkapi kemisteriusan Candi Angin. Menunggu untuk diungkap oleh siapa saja yang kemudian peduli. (*)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →