Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Cacing Hati Jangkiti Hewan Kurban



Reporter:    /  @ 20:12:18  /  6 Oktober 2014

    Print       Email

KOTA SEMARANG – Sapi dan kambing yang digunakan masyarakat untuk berkurban pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, banyak ditemukan yang terkena penyakit cacing hati. Di Kota Semarang, puluhan sapi ditemukan Dinas Pertanian Kota Semarang, terjangkit penyakit itu.
”Dari laporan sementara yang sudah masuk, sapi yang terkena cacing hati sekitar 23 ekor, sementara kambing ada dua ekor,” kata Kepala Distan Kota Semarang Rusdiana, dikutip Antara.
Ia mengatakan, ada sekitar separuh dari total 16 kecamatan yang petugasnya melaporkan temuan hewan bercacing hati. Temuan itu antara lain di Kecamatan Mijen, Gunungpati, Genuk, dan Pedurungan.
Cacing hati itu terdapat di hewan kurban jenis sapi dan kambing. Sementara kerbau dinyatakan semuanya sehat.

”Tim pemantau kami tetap bekerja hingga tiga setelah hari raya Idul Adha atau Hari Tasyrik,” ujarnya.
Selain temuan cacing hati, ia mengatakan tim pemantau tempat penyembelihan hewan kurban juga menemukan hewan yang terkena pneumonia, yang dicirikan dengan organ paru-paru yang berlubang. Penyakit ini menyerang kambing.
”Penanganannya sama seperti cacing hati. Bedanya kalau cacing hati yang kena organ hati, kalau pneumonia organ paru-parunya. Organ paru-parunya dibuang, sementara lainnya aman dikonsumsi,” terangnya.
Temuan serupa juga terjadi di daerah lain, seperti Tegal ataupun di Purwokerto.
Petugas Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Mersi, Purwokertomenemukan cacing hati (Fasciola hepatica) pada hewan kurban yang dipotong di tempat itu, Minggu (5/10). Hati sapi yang terinfeksi cacing itu selanjutnya dipisahkan dari daging agar tidak dikonsumsi. Karena dapat mengakibatkan penyakit pada manusia seperti mual dan muntah-muntah. (ALI MUNTOHA)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →