Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Gapura Museum Kartini Hampir Rampung



Reporter:    /  @ 02:38:49  /  6 Oktober 2014

    Print       Email

Dua pekarja menyelesaikan pembanguna gapura baru Museum Kartini, kemarin. Desain gaupra itu, menyerupai gapura Makam Mantingan Jepara. (KOMA / Wahyu KZ)

JEPARA – Pemerintah Kabupaten Jepara menambah cantik tampilan Museum Kartini, dengan membangun gapura pintu masuk. Gapura setinggi tujuh meter itu, menghabiskan dana sekitar Rp 125 juta. Pada gapura itu, memakai desain relief ukiran yang menyerupai gapura Makam Mantingan, yang ada di Kecamatan Tahunan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jepara Mulyaji melalui Pengelola Museum kartini Subiyanto mengatakan, pembangunan gapura itu hampir rampung. Pada bulan ini, dipastikan pembangunan gapura tersebut sudah selesai.

”Gapura itu dibangun sejak pertengahan Juli lalu, dan targetnya selesai Oktober ini. Saat ini, fisik gapura sudah 90 persen, tinggal diberi tulisan Museum Kartini di atasnya,” kata Subiyanto, kemarin.

Subiyanto menambahkan, maksud dari desain gapura Museum Kartini yang sama dengan gapura Makam Mantingan, untuk menunjukkan dan melestarikan peninggalan sejarah Jepara. ”Ini sebagai bagian dari melestarikan benda cagar budaya,” ujarnya.

Setelah pembangunan gapura Museum Kartini selesai, lanjut Subiyanto, akan dilakukan penataan di sejumlah tempat di museum. Yakni, di tempat penarikan retribusi masuk museum. ”Nantinya akan kita pindah ke sebelah gapura baru. Sementara, untuk tempat lainnya, yaitu lokasi parkir masih sama,” jelasnya.

Melalui gapura baru itu, Subiyanto berharap akan menambah daya tarik masyarakat datang dan berkunjung ke salah satu obyek wisata unggulan di Jepara itu. ”Harapannya, Museum Kartini semakin ramai pengunjung dan dimanfaatkan masyarakat untuk sarana pembelajaran,” pungkasnya. (Wahyu KZ / Aries Budi)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →