Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Mobdin Ketua Dewan Ganti Fortuner



Reporter:    /  @ 02:29:07  /  6 Oktober 2014

    Print       Email

PATI – Baru beberapa waktu lalu dilantik menjadi wakil rakyat, sejumlah anggota DPRD Pati bakal menikmati fasilitas ”wah”. Salah satu di antaranya adalah mobil dinas (mobdin), terutama mobdin untuk pimpinan dewan.

Mobdin untuk jabatan ketua DPRD Pati yang semula Nissan X Trail, rencananya akan diganti dengan mobil baru yakni Toyota Fortuner. Di pasaran harga SUV mewah dengan kapasitas mesin 2.500 CC itu, dibanderol dengan harga mulai dari Rp 420-520 juta.

Anggaran pembelian mobil itu sudah dimasukkan dalam Rencana Alokasi Belanja (RAB) DPRD Pati 2014-2019. Namun Sekretaris DPRD Pati Sanusi Siswoyo menyatakan, realisasi pengadaan mobil baru itu, masih menunggu penetapan pimpinan DPRD Pati definitif.

Ia menyatakan, pembaharuan mobdin dewan itu, karena beberapa kendaraan dinas sudah tidak layak. Menurut dia, pengadaan mobdin akan dilakukan secara bertahap.

”Kami sudah menganggarkan pembaharuan mobdin bagi ketua dewan. Yang semula X-trail akan diganti menjadi Fortuner. Hal ini dilakukan, karena dalam perawatan lebih efektif dan efisien, jika membeli mobdin baru,” katanya. 

Selain untuk ketua dewan, juga ada pembaharauan untuk mobdin wakil ketua DPRD yang disiapkan yakni Toyota Innova. Mobil jenis ini di pasaran yang paling murah sekitar Rp 210 juta dan yang paling mahal sebesar Rp 330 juta, sesuai tipe.

Beberapa mobil dinas lain yang akan diperbaharui yakni, mobil jenis Daihatsu Espas diganti Daihatsu Xenia atau Toyota Avanza, karena usia mobil tersebut dinilai sudah terlalu tua.

Lebih lanjut Sanusi Siswoyo menuturkan, pihaknya tidak akan mengeluarkan dana yang cukup banyak untuk pengadaan ini. Karena sistem yang akan digunakan yakni tukar tambah. 

”Yang jelas, kami baru bisa merealisasikan pembaharuan mobdin bagi kelengkapan dewan, setelah adanya penetapan pimpinan definitiv. Sebab, sah atau tidaknya pengeluaran, serta semua kebutuhan dan alokasi anggaran yang berhak menandatanganinya yakni ketua dewan definitiv. Target kami, realisasinya bisa akhir tahun 2014 atau sekitar awal 2015 mendatang,” imbuhnya. (Syamsul Falak / Ali Muntoha)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →