Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

3 Kambing Sakit, 2 Buta



Reporter:    /  @ 02:14:45  /  4 Oktober 2014

    Print       Email

Pedagang menjajakan sapi untuk memenuhi permintaan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriah. Dinas Pertanian dan Kehutanan dan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Rembang, memperketat pemantauan hewan kurban di tempat-tempat penjualan hewan. (ANTARA)

REMBANG – Tim gabungan Dinas Pertanian dan Kehutanan (Dintanhut) dan Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Rembang, menemukan hewan kurban berpenyakit dan cacat fisik. Temuan ini saat tim gabungan melakukan pantauan kondisi kesehatan hewan kurban, Jumat (3/10) di tempat penampungan hewan kurban di Desa Ngotet, Kecamatan Rembang.

”Petugas menemukan dua ekor kambing diare dan tiga eor kambing matanya buta.Untuk ternak yang sakit harus disembuhkan terlebih dahulu. Sedangkan hewan kurban yang cacat fisik, sesuai arahan petugas Kementerian Agama, jangan disembelih untuk kurban,” ujar Idham Rahmadi, Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan Dintanhut Rembang, kemarin.

Ia mengatakan, pantauan dan pengecekan kondisi kesehatan hewan akan terus dilakukan hingga beberapa jam sebelum hari penyembelihan hewan kurban. Dalam pelaksanaan pantauan, pihaknya telah melayangkan surat edaran kepada petugas di lapangan untuk saling berkoordinasi. Sedangkan pantauan di pasar hewan Pamotan dan Kragan, petugas tidak menemukan hewan kurban berpenyakit. 

”Saat Hari Raya Idul Adha, kami akan tetap ada pengawasan dan dibagi menjadi lima wilayah dengan menempatkan satu dokter di setiap wilayah,” ujarnya. 

Petugas Kantor Kemenag Rembang Tri Mulyani menjelaskan, penyembelihan hewan kurban wajib sesuai syariah. Hal itu harus dilakukan mulai dari tata cara hingga kesehatan ternak. ”Hewan kurban tidak bisa asal disembelih begitu saja, untuk itu sebelum membeli masyarakat harus mengecek secara teliti kondisi fisik maupun kesehatan hewan,” katanya. (Ahmad Feri / Sumarni)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →