Loading...
You are here:  Home  >  Politik & Pemerintahan  >  Artikel ini

Panwaslu Pertanyakan Status



Reporter:    /  @ 02:09:48  /  4 Oktober 2014

    Print       Email

Ketua Panwaslu Wahono (kiri) menyerahkan laporan pengawasan ke Ketua Bawaslu Jateng Abhan, kemarin. Kedatangan Abhan ke Blora, mendapat pertanyaan seputra status panwaslu nantinya, setelah UU Pilkada yang baru diundangkan. (KORAN MURIA)

BLORA – Setelah DPR RI mengesahkan UU Pilkada yang merubah sistem pemilihannya menjadi tidak langsung, panitia pengawas pemilu (Panwaslu) di setiap daerah mempertanyakan perihal nasibnya. Apakah lembaga penyelenggara pemilu yang bertugas mengawasi tahapan dan pelaksanaan pemilu itu, masih dipakai atau tidak dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) nanti. 

”Ini memang belum final, kita masih tunggu. Hanya saja, banyak teman-teman dari panwaslu di setiap daerah menanyakan status mereka,” kata Ketua Bawaslu Jateng Abhan, ketika berkunjung ke Panwaslu Blora, kemarin.

Menurut Abhan, UU Pilkada yang baru saja disahkan DPR RI itu masih belum punya kekuatan hukum tetap. Artinya, masih ada kemungkinan diubah atau dibatalkan sama sekali. Sebab, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuat peraturan pemerintah pengganti UU (Perppu). ”Mari kita tunggu, apakah perppu mendapat persetujuan dari DPR atau tidak,” imbuhnya. 

Abhan menambahkan, jika UU Pilkada yang sudah disahkan itu kemudian diundangkan, maka DPRD mendapat kewenangan mutlak memilih kepala daerah. Sehingga, kemungkinan besar panwaslu sudah tidak ada lagi. Jika kemungkinan itu datang, dia ingin semangat dan kepedulian untuk mengawasi pelaksanaan pemilu tetap dilakukan. 

”Jadi, harus terus punya semangat mengawasi. Ada atau tidak ada panwaslu, dipakai lagi atau tidak,” tegasnya.

Sampai saatt ini, lanjutnya, ia menilai kinerja panwaslu di kabupaten/kota se Jawa Tengah berjalan baik. Kerja sama yang telah terbangun itu, harus terus dilakukan. Sehingga, akan tercipta iklim demokrasi yang lebih baik. 

”Kami mengapresiasi kinerja kawan-kawan panwaslu di Jateng, termasuk di Blora. Kinerjanya baik,” pungkasnya. (Aries Budi)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →