Loading...
You are here:  Home  >  Politik & Pemerintahan  >  Artikel ini

Nasib Iqbal Belum Ditentukan



Reporter:    /  @ 02:00:32  /  4 Oktober 2014

    Print       Email

KOTA SEMARANG – Keberlangsungan karir politik caleg terpilih yang gagal dilantik menjadi anggota DPR RI, Iqbal Wibisono belum ditentukan. Partai Golkar belum mengambil sikap terkait penundaan pelantikan, maupun proses hukum yang menjerat sekretaris DPD Partai Golkar Jateng itu.

Golkar juga belum memikirkan untuk melakukan pergantian antarwaktu (PAW) terhadap Iqbal. Meskipun Iqbal sudah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana bantuan sosial (bansos).

Ketua DPD Partai Golkar Jateng Wisnu Suhardono menyatakan, partainya mempunyai aturan dan mekanisme tersendiri yang harus dijalankan, sesuai AD/ART. Termasuk dalam mengambil tindakan yang berkaitan dengan kader partai. Baik untuk memberikan sanksi, PAW ataupun pemecatan.

”Kami tidak tergesa-gesa mengambil tindakan. Termasuk mengenai kemungkinan PAW terhadap yang bersangkutan,” katanya, kepada Antara, kemarin.

Wisnu menegaskan, pihaknya juga belum menentukan langkah, terkait batalnya pelantikan itu. Menurut dia, pihaknya akan mengikuti aturan hukum yang berlaku.

Meski demikian menurut dia, partainya siap melakukan pendampingan terhadap Iqbal Wibisono, yang ditetapkan sebagai tersangka dana bansos Pemprov Jateng tahun 2008. Golkar akan memberikan bantuan hukum bagi Iqbal Wibisono, sebagai bentuk pembelaan terhadap salah satu kadernya.

Sebelumnya, KPU RI menunda penerbitan surat keputusan penetapan dan pelantika Iqbal Wibisono, bersama empat caleg terpilih lainnya. Ini disebabkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menangguhkan SK peresmiannya karena terkait masalah hukum.

Iqbal yang terpilih melalui Dapil VI (Temanggung, Kabupaten dan Kota Magelang, Purwerojo dan Wonosobo) itu, telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi bansos Pemprov Jateng di Wonosobo. Asisten Intelijen Kejati Jateng Yacob Hendrik menyatakan, perkara yang menyeret Iqbal sudah memasuki tahap akhir, dan siap dilimpahkan untuk tahap penuntutan. (Ali Muntoha)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →