Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Kari Bisa Bantu Lawan Demensia



Reporter:    /  @ 01:38:03  /  4 Oktober 2014

    Print       Email

Hasil penelitian menunjukkan senyawa dalam kunyit, bahan utama untuk memasak kari, bisa membantu memperbaiki otak penderita demensia seperti Alzheimer. Dalam sebuah tes laboratorium, turmerone aromatik mendorong proliferasi atau pengayaan sel punca di otak dan perkembangannya menjadi neuron.

Antara melaporkan, hasil penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal daring Stem Cell Research & Therapy itu, membantu ilmuwan mengembangkan pengobatan untuk kondisi penyakit-penyakit, di antaranya Alzheimer dan stroke.

”Penemuan turmerone aromatik, membawa kami selangkah lebih maju mewujudkan tujuan itu,” kata ketua peneliti Dr Adele Rueger dari Institute of Neuroscience and Medicine di Julich, Jerman.

Ketua peneliti Adele mengatakan, meski banyak substansi yang ditemukan untuk meningkatkan perkembangan sel punca di otak, hanya sedikit obat yang dapat meningkatkan diferensiasi sel punca menjadi neuron.

Para ilmuwan meneliti efek turmerone aromatik pada sel punca endogen netral (Neutral Stem Cells/NSCs), ditemukan dalam otak orang dewasa. NSCs berkembang menjadi neuron dan berperan penting dalam pemulihan penyakit degeneratif syaraf.

Dalam konsentrasi tertentu, senyawa turmerik meningkatkan proliferasi NSCs di janin tikus hingga 80 persen, dan meningkatkan kecepatan kematangan mereka. 

Saat diujicoba pada tikus hidup, injeksi turmerone aromatik mengembangkan dua bagian kunci otak. Yaitu zona subventrikular dan hipokampus. Keduanya adalah tempat neurogenesis, pertumbuhan sel syaraf baru, pada otak mamalia dewasa. 

Meskipun demikian, Dr Laura Phipps dari Alzheimer’s Research UK mengingatkan, masih butuh waktu untuk menentukan apakah senyawa ini dapat membantu mengobati penyakit seperti Alzheimer.

”Masih belum jelas apakah hasil penelitian ini dapat diaplikasikan untuk manusia, atau apakah benar bisa membangun sel otak baru yang dapat bermanfaat bagi penderita Alzheimer,” jelasnya. (Titis Ayu)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →