Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Kudus Siapkan Atlet Balap Sepeda Ke Pangandaran



Reporter:    /  @ 01:08:56  /  4 Oktober 2014

    Print       Email

Sejumlah atlet balap sepeda menyelesaikan sisa lap pada salah satu kejuaraan bergengsi. ISSI Kudus menyiapkan diri untuk mengikuti even di Pangandaran, Banten. ISSI

KUDUS – Kudus dinilai memiliki potensi atlet sepeda yang cukup besar, ditandai dengan antusiasnya mereka mengikut berbagai kejuaran balap sepeda. Salah satunya seperti yang akan mereka ikuti di Pangandaran, Banten. 

Perwakilan Pengkab ISSI Kudus Sutejo mengatakan, ISSI akan mengikuti even di Pangandaran. Hanya, waktu pelaksanaanya belum diketahui. Lantaran kejelasannya masih dalam tahap konfirmasi. “Waktu even di Pangandaran belum tahu. Yang jelas, satu orang atlet akan memperkuat team cycling club,” kata Sutejo kepada Koran Muria, kemarin.

Atlet itu diketahui bernama Maulana Fahrizal Kurniawan. Yang bersangkutan akan turun di kelas pemula. ISSI telah melakukan berbagai latihan intensif melalui klubnya. ”Latihan intensif telah dilakukan atlet di klub yang dinaungi,” ungkapnya.

Persiapan yang juga dilakukan ISSI adalah meningkatkan jam terbang atlet di kelas pemula. Untuk atlet senior juga sudah berlatih di bawah klub yang pro. Demi meraih prestasi bagus, ISSI memang meminta atletnya untuk kerap mengikuti berbagai even. Baik di tingkat daerah, maupun nasional. Hal ini penting guna mengasah kemampuan atlet. 

Dia mencontohkan, pada September 2014 lalu, atlet Fahrizal juga mengikuti kejuaraan di Jombang, Jawa Timur. Bahkan, Fahrizal juga menorehkan prestasi. Yaitu menduduki peringkat ketiga di kelas pemula. 

Saat ini, tiga atlet balap sepeda ISSI Kabupaten Kudus juga terus giat berlatih guna menghadapi berbagai even olahraga. Termasuk juga membidik prestasi di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng 2017. Mengingat, kemampuan atlet setempat tidak perlu diragukan menyusul beberapa prestasi yang diraih.

Pelatih tim balap sepeda Kudus, Hartono, mengatakan program latihan terus dijalani para atlet untuk bisa mendapatkan hasil maksimal. ”Mereka terus kami gembleng untuk bisa berbicara di kancah Porprov mendatang, dan beberapa kejuaraan lainnya,” ucap Hartono.

Latihan dilakukan dengan memadukan fisik dan mental. Fisik di antaranya dengan menganjurkan atlet mengikuti program latihan fisik. Kemudian diteruskan latihan turun ke jalan. Dalam latihan fisik ini juga dikombinasikan dengan gemblengan teknik sprinter jarak pendek, tanjakan dan lain-lain. 

Ketika ditanya prestasi, atlet sepeda Kudus mendapatkan prestasi pada 2014. Di antaranya mendapatkan peringkat keempat dan ketiga di kejuaraan di Jakarta. Di IPT meraih peringkat lima. Di tahun yang sama, ISSI Kudus juga meraih peringkat ketiga di Malang, Jawa Timur. Di tahun sebelumnya, Kudus juga meraih prestasi di Temanggung, dan berbagai prestasi lainnya. 

Karenanya, ISSI Kudus tidak ingin mengikuti kejuaraan dengan tangan hampa di setiap even yang diikuti. ”Kami usaha dengan keras supaya atlet kami terus meraih prestasi di setiap even,” pungkas Hartono yang juga Ketua Pengcab ISSI Kudus.

Sementara disinggung soal pembinaan atlet, sejauh ini pembinaan berjalan lancar. Harapannya, pembinaan bisa lebih dikembangkan setiap tahunnya. Supaya Kudus terus mencetak prestasi balap sepeda (Akrom Hazami)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →