Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Ramai-Ramai Kenakan Dress Code Batik



Reporter:    /  @ 03:48:05  /  3 Oktober 2014

    Print       Email

Sejumlah pegawai KPP Pratama Kudus mengenakan batik, kemarin. Pengenaan dress code tersebut untuk memperingati Hari Batik Nasional. (KOMA / Lina Budiyanti)

KUDUS – Bertepatan dengan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober, kemarin, sejumlah instansi di Kabupaten Kudus mewajibkan karyawannya mengenakan batik. Selain sebagai wujud cinta batik, hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pelestarian budaya Indonesia.

Seperti yang terlihat di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kudus, kemarin semua petugas pajak diwajibkan berseragam batik. Kepala Sub Bagian Umum KPP Pratama Kudus Agus Susilo menyatakan, pengenaan dress code itu sesuai dengan surat edaran Sekretaris Kabinet Indonesia. Dalam surat edaran tertera, bahwa seluruh instansi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) diwajibkan berseragam batik.

”Hal ini sesuai dengan surat edaran yang kami terima bebarapa hari lalu, yang mengharuskan semua  memakai batik,” terangnya kepada Koran Muria, kemarin.

Agus menambahkan, sebenarnya tak hanya pada Hari Batik Nasional para pegawai diwajibkan mengenakan batik. Pada di tahun ini, KPP Pratama Kudus mewajibkan pengenaan batik tiga kali dalam sepekan. 

”Sebelumnya kami memang sudah diwajibkan mengenakan batik di hari Selasa, Kamis dan Jumat. Jadi tak hanya di Hari Batik Nasional saja” paparnya.

Dia menjelaskan, hal tersebut dilakukan sebagai wujud cinta dan melestarikan budaya batik. Bahkan pada hari Selasa, pegawai berseragam batik khas Kudus dengan motif Menara Kudus.

”Kudus mempunyai  beragam motif batik yang khas. Pada tahun sebelumnya, pada hari Selasa kami mengenakan motif batik Kapal Kandas. Untuk tahun ini KPP Pratama memilih motif Menara, dengan tetap mengangkat batik khas Kota Kretek,” jelasnya.

Tak jauh berbeda dengan KPP Pratama Kudus, di sejumlah Bank di Kudus juga mewajibkan karyawannya memakai batik, salah satunya Bank BCA. Bagian Administrasi BCA KCU Kudus Eduard manyatakan, diwajibkannya pengenaan batik pada Hari Batik Nasional sudah dilakukan beberapa tahun terakhir. Hal tersebut sesuai dengan instruksi dari Bank BCA pusat.

”Kami memang mempunyai program untuk concern dan mengangkat budaya Indonesia, salah satunya batik. Selain batik, kami juga memberi perhatian terhadap kesenian wayang,” katanya. (Lina Budiyanti / Suwoko)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →