Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Tahapan 17 Pilkada Distop



Reporter:    /  @ 02:45:29  /  3 Oktober 2014

    Print       Email

Mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) membawa poster melakukan aksi penolakan UU Pilkada. KPU Jateng memutuskan menghentikan tahapan 17 pilkada yang akan digelar 2015 mendatang. (ANTARA / Adhitya Hendra)

KOTA SEMARANG – KPU Jateng menghentikan sementara persiapan pemilihan kepala daerah (pilkada) di 17 kabupaten/kota, yang akan digelar 2015 mendatang. Termasuk tahapan pelaksanaan pilbup di Rembang dan Blora.

Hal ini dilakukan sambil menunggu petunjuk teknis lebih lanjut, terkait dengan pengesahan UU tentang Pilkada melalui DPRD. ”Semua tahapan pilkada 2015 dihentikan sementara, sambil menunggu petunjuk teknis lebih lanjut,” kata Ketua KPU Jateng Joko Purnomo, dikutip Antara, kemarin.

Ia menjelaskan, penghentian sementara tahapan pilkada di 17 kabupaten/kota itu, juga menyangkut penggunaan anggaran pada APBD 2014. Karena menurut dia, ada beberapa kabupaten/kota yang sudah menyiapkan anggaran pilkada pada APBD 2014.

”Kami minta anggaran tidak dibelanjakan dulu, karena pilkada melalui apa belum jelas,” ujarnya.

Ke-17 daerah yang akan melaksanakan pilkada pada 2015 itu adalah Kota Semarang, Kota Pekalongan, Kabupaten Rembang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kendal, dan Kota Magelang. Sisanya Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Klaten, Kabupaten Blora, dan Kabupaten Pemalang.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi meminta meminta KPU tetap melanjutkan tahapan pilkada yang akan digelar secara langsung. Apalagi saat ini banyak pihak, yang akan mengajukan judicial review ke MK, terhadap UU Pilkada yang telah disahkan DPR RI.

”Jangan sampai KPU tidak siap, ketika MK memutuskan pilkada dilaksanakan secara langsung, tapi tahapan pilkada telah dihentikan,”terangnya.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Semarang itu optimistis, gugatan yang diajukan akan dikabulkan oleh MK. Sebelumnya, KPU Kota Semarang telah menetapkan tanggal pelaksanan Pilwakot Semarang 2015 dalam dua putaran. Putaran pertama pada 12 April 2015, sementara putaran kedua dijadwalkan 14 Juni 2015. (Ali Muntoha)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →