Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Jepara  >  Artikel ini

Ribuan Pelamar CPNS Dicoret



Reporter:    /  @ 01:52:24  /  3 Oktober 2014

    Print       Email

Para pelamar CPNS di Kabupaten Jepara mencari nama mereka, apakah memenuhi syarat atau tidak. Nantinya, pelamar yang lolos akan ikut ujian di Pati pada 25 November mendatang. (KOMA / Wahyu KZ)

JEPARA – Badan Kepegawaian Negara (BKD) Jepara harus mencoret 1.275 berkas dari pendaftar calon pegawai negeri sipil (CPNS). Karena, ribuan pendaftar itu dianggap tidak memenuhi kualifikasi yang disyaratkan.

Kepala BKD Jepara Abdul Syukur mengatakan pendaftar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS), kebanyakan kurang cermat dan mengabaikan berkas yang dipersyaratkan. Misalnya, pendaftar harus menyerahkan fotokopi legalisir ijazah dengan stempel basah, tetapi memaksa menggunakan scan. 

”Ada juga pendaftar yang melamar tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikannya. Mungkin mereka mengira itu tak masalah. Tapi, kami sangat cermat dalam meneliti berkas satu per satu,” kata Syukur, kemarin.

Syukur menambahkan, dari pendaftar yang mendaftar melalui online sebanyak 6.261 orang. Namun, dari jumlah itu hanya 5.631 pelamar yang mengirimkan berkas persyaratannya melalui Kantor Pos.  

”Dari jumlah pendaftar yang mengirim berkasnya, hanya 4.323 orang dinyatakan memenuhi syarat (MS). Secara otomatis, mereka berhak mengikuti test tertulis” jelasnya.

Lebih lanjut Syukur menjelaskan, tim verifikasi menemukan hal unik ketika memeriksa berkas-berkas dari para pendaftar. Yakni, ada pelamar yang mengirimkan berkas tapi tidak terdaftar secara online. Bahkan, ada juga pelamar yang mengirimkan berkas pendukungnya dua kali. ”Yang tidak mendaftar secara online, jumlahnya ada 16 pelamar,” imbuhnya. 

Nantinya, jelas Syukur, para pendaftar yang lolos seleksi administrasi CPNS akan mengikuti tes pada Selasa (25/11) mendatang di Bakorwil Pati. Selain Jepara, pendaftar dari 

Blora, Grobogan dan Pati juga akan mengikuti ujian melalui computer assisted test (CAT). (Wahyu KZ / Aries Budi)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →