Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Perkara Iqbal Masuk Tahap Akhir



Reporter:    /  @ 01:30:11  /  3 Oktober 2014

    Print       Email

KOTA SEMARANG – Sekretaris DPD Partai Golker Jateng Iqbal Wibisono, batal dilantik menjadi anggota DPR RI periode 2014-2019, Rabu (1/10) karena terjerat kasus korupsi. Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng menyebut, kasus dugaan korupsi dana bansos Pemprov Jateng tahun 2008, yang menyeret Iqbal sudah memasuki tahap akhir.

”Sebenarnya sudah masuk tahap akhir, akan dicek kendalanya di mana,” kata Asisten Intelijen Kejati Jateng Yacob Hendrik dikutip Antara, Kamis (2/10).

Menurut dia, perkara korupsi tersebut, sudah siap untuk dilimpahkan ke tingkat penuntutan. Namun, dia belum mengetahui permasalahan yang dihadapi Kejari Wonosobo dalam menangani perkara tersebut.

Berkaitan dengan penundaan pelantikan Iqbal sebagai wakil rakyat, menurut dia, kejaksaan tidak dalam kapasitas untuk menentukan masalah tersebut.

Sebelumnya, Iqbal ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana bansos Pemprov Jateng di Kabupaten Wonosobo tahun anggaran 2008. Saat itu, Iqbal menjabat sebagai anggota DPRD Jateng.

Pada Pileg April 2014 lalu, Iqbal berhasil terpilih sebagai anggota DPR RI yang maju dari Dapil Jateng VI (Temanggung, Kabupaten dan Kota Magelang, Purwerojo dan Wonosobo). Ia memperoleh suara sebanyak 50.868 suara.

Namun ia bantal dilantik karena tersangkut maslah hukum, bersamaan dengan Jero Wacik (mantan Menteri ESDM/Demokrat), Idham Samawi (mantan bupati Bantul/PDIP), Herdian Koesnadi, dan Jimmy Demianus (PDIP).

Ketua DPD Partai Golkar Jateng Wisnu Suhardono menyayangkan batalnya pelantikan itu. ”Kendati demikian, kami akan menaati aturan hukum yang berlaku dan kalau memang tidak bisa dilantik ya kami pasrahkan semuanya,” terangnya.

Ia mengungkapkan, pihaknya belum akan melakukan tindakan apapun terhadap Iqbal Wibisono. Pihaknya juga siap memberikan bantuan hukum sebagai bentuk pembelaan terhadap salah seorang kadernya. (Ali Muntoha)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →