Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Banyak ”LSM” Suka Memeras



Reporter:    /  @ 02:01:57  /  2 Oktober 2014

    Print       Email

M Amin menunjukkan berkas validasi dan verifikasi LSM yang mengajukan SKT untuk dilegalkan di Kesbangpol Pati. (KOMA / Syamsul Falak)

PATI – Seiring menjamurnya Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Pati, Kesbangpol Pati terus mengimbau kepada semua masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati dengan keberadaan LSM yang menyimpang. 

Pasalnya, dengan dalih melakukan pendampingan terhadap satu bidang tertentu, tak sedikit oknum yang mengatasnamakan LSM, justru melakukan tindak pemerasan.

Kasi Ketahanan Seni, Budaya, Agama, Kemasyarakatan dan Ekonomi Kesbangpol Pati M Amin mengungkapkan, masyarakat sudah mulai merasa risih dengan keberadaan LSM yang terkesan mencari-cari kesalahan. Hal ini terlihat dengan banyaknya warga yang melaporkan aksi pemerasan oleh oknum dengan mengatasnamakan LSM tertentu.

”Hingga saat ini LSM yang mengajukan perpanjangan SKT hanya 40 LSM dari 90 LSM yang terdaftar. Sedangkan kondisi di lapangan, saat ini justru semakin banyak masyarakat yang melapor dan mengadukan beberapa oknum yang mengaku sebagai LSM, yang melakukan pemerasan dengan modus meminta informasi,” katanya, Rabu (1/10).

Lebih lanjut M Amin menuturkan, masyarakat diminta lebih berhati-hati jika menemukan oknum LSM yang menyimpang. Masyarakat diimbau untuk berani meminta menunjukkan surat keterangan terdaftar (SKT). Jika tidak bisa menunjukkan, warga diminta untuk tak memberikan informasi apapun, dan melaporkan ke Kesbangpol.

”Sesuai UU Nomor 17 Tahun 2013 masyarakat bisa menolak dalam memberikan informasi kepada LSM yang tidak bisa menunjukkan SKT. Selain itu, kami juga terus melakukan sosialisasi dengan melibatkan pihak kecamatan, Polsek, hingga Koramil agar turut membantu masyarakat yang merasa diperas dengan menunjukkan bukti pemerasan,” imbuhnya. (Syamsul Falak / Ali Muntoha)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →