Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Betonisasi Pandangan-Sedan Ditarget 90 Hari



Reporter:    /  @ 01:49:44  /  2 Oktober 2014

    Print       Email

REMBANG – Rencana pelaksanaan betonisasi di ruas Jalan Pandangan-Sedan diberikan waktu selama 90 hari. Secara administrasi, kontrak pekerjaan peningkatan jalan di ruas tersebut dilakukan pada 29 September 2014 hingga 27 Desember mendatang. Jalan antarkecamatan itu, akan dibeton sepanjang 3,5 kilometer dengan lebar tujuh meter. Bahkan kualitas beton pada proyek tersebut setara dengan kualitas betoniasi di jalur pantura.

Kepala Seksi Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Rembang Sigid Widyaksono menyebutkan, tebal beton Jalan Pandangan-Gandrirojo adalah 30 centimeter dengan kekuatan 400 kilogram per centimeter (K400). 

”Ini adalah standar pantura, sebab jalur ini banyak dilalui angkutan berat dan ramai. Mungkin pembetonan ini yang paling tinggi kualitas teknisnya sepanjang pengerjaan pembetonan jalan di Rembang, yang rata-rata hanya berkualitas K250 dan K300,” ujarnya, Rabu (1/10).

Sigid menjelaskan, pelaksana proyek tersebut dilakukan PT Bangun Makmur Utama (BMU) Semarang dengan nilai kontrak Rp 13,8 miliar. Peningkatan jalan itu akan dikerjakan secara fokus pada setiap sore hingga malam hari. Cara ini ditempuh agar bisa menjaga kualitas pembetonan dan mengurangi tingkat kemacetan. 

”Jalur Pandangan-Sedan ini sangat ramai kalau siang hari. Pekerjaan pembetonan akan dilakukan setiap sore hingga malam hari, agar mutu pembetonan terjaga dan tidak banyak menganggu lalu lintas,” terangnya.

Menurut dia, jika proyek dikerjakan pada siang hari dengan cuaca yang sangat terik , menyebabkan permukaan pembetonan akan terlalu panas dan mudah pecah. Sebab penguapan air pada pembetonan di siang hari disebutnya terlalu cepat. Secara teknis pelaksanaan pembetonan akan mengadopsi metode  fast track, sehingga tidak butuh waktu lama agar beton bisa dilalui.

”Kalau beton rigid, secara normatif baru bisa dilalui setelah beton berumur 28 hari. Namun pada metode  fast track, beton sudah bisa dilalui saat umurnya telah mencapai satu minggu. Karena hanya tujuh hari, maka lalu lintas pun tidak perlu sampai dialihkan ke ruas lain. Pembetonan  di kota-kota juga dilakukan  malam hari, agar tidak terganggu dengan arus lalulintas,” imbuhnya.  (Ahmad Feri/Sumarni)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →