Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Blora  >  Artikel ini

Atlet Judo Pelajar Berpotensi Raih Prestasi



Reporter:    /  @ 01:06:04  /  2 Oktober 2014

    Print       Email

Pejudo berupaya keras mengalahkan lawannya saat bertanding dalam satu kejuaraan bergengsi.

BLORA – Para atlet judo pelajar asal Kabupaten Blora berpotensi meraih prestasi. Menyusul beberapa raihan prestasi yang telah dicapai. Tidak heran jika Pengcab Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PSJI) Blora memaksimalkan pembinaan.

Ketua Pengcab PJSI Blora Suripno mengatakan, atlet Blora muda sangat berpotensi maju. Karenanya, PJSI memaksimalkan pembinaan mengingat potensi tersebut akan penting untuk perkembangan atlet. ”Rata-rata atlet judo Blora yang berprestasi adalah pelajar. Mulai dari siswa SD, SMP sampai SMA,” kata Suripno.

Di antara atlet muda berprestasi adalah Nugraheno, Sutrisno, Eko Supriyanto, Sinung Mahendra. Mereka pernah meraih emas. Di antaranya pada Invitasi Judo Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) Jawa Tengah.  

Atlet berprestasi yang meraih medali perak di kejuaraan yang sama adalah Liman Seno Aji, Farian Ap, Solikatun, Sulisetyorini, Nandisya, serta Sarah Safitri. Atlet muda prestasi lainnya adalah Sefina Reisa dan Nandika. 

”Atlet kami banyak yang menghadapi atlet yang tingkatan sekolahnya lebih tinggi saat kejuaran. Seperti atlet SMP bertemu atlet SMA. Meski begitu mental bertanding atlet kami tidak terpengaruh pada hal itu dan tetap berhasil,” tandas Suripno.

Sejumlah atlet judo asal Kabupaten Blora juga dipersiapkan tampil di Pekan Olahraga Remaja Nasional (Pornas) di Surabaya, Desember mendatang. Pornas yang baru kali pertama digelar di Indonesia itu hanya dikhususkan bagi atlet berusia kurang dari 17 tahun. 

”Karena itu mulai sekarang, kami persiapkan atlet yang akan mengikuti seleksi Pornas tersebut,” ujar Suripno.

Dia mengatakan, sebelum tampil di Pornas, para atlet dari setiap provinsi terlebih dahulu harus lolos seleksi di provinsi masing-masing. Atlet judo yang dipersiapkan itu di antaranya adalah Farian, Liman Seno Aji, Sutrisno, Aklantung Nugraheno, Egi Supriyanto, Nandika dan Sinung.

 Dipertandingkannya cabang judo di Pornas merupakan keuntungan bagi Blora. Sebab cukup banyak atlet judo Blora yang berusia di bawah 17 tahun. Mereka adalah pelajar SMP dan SMA. 

”Bisa jadi, di Pornas nanti pejudo SMP akan bertanding melawan pejudo SMA, atau tergantung kategori kelas yang diikuti,” katanya.

Suripno yang juga pengurus Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Jateng  ini menerangkan, selain latihan rutin, para pejudo Blora juga telah tampil memperkuat kontingen Jateng pada sejumlah kejuaraan. Di antaranya kejuaraan di Bali. Pertandingan tersebut diharapkan bisa menambah pengalaman, sekaligus meningkatkan mental tanding para atlet Blora.  (Akrom Hazami)

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →