Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Kudus  >  Artikel ini

Masyarakat Lupa Peringatan G30S/PKI



Reporter:    /  @ 02:38:52  /  1 Oktober 2014

    Print       Email

Bendera setengah tiang dipasang di depan Pendapa Kabupaten Kudus, kemarin. Pemasangan tersebut untuk memperingati perstiwa G30S/PKI. (KOMA / Solichul Huda)

KUDUS – Kesadaran masyarakat untuk memperingati peristiwa G30S/PKI ternyata sudah luntur. Hal ini terlihat dari tidak adanya warga yang memasang bendera setengah tiang depan rumah mereka. Bahkan, banyak dari warga yang tidak tahu tentang peristiwa tersebut, diperingati Selasa (30/9).

Berdasarkan pantauan Koran Muria, kemarin, pemasangan bendera setengah tiang hanya dilakukan instansi-instansi pemerintahan. Mulai dari kantor Pengadilan Negeri, kantor Kodim, hingga sekolahan memasang bendera setengah tiang. 

Toni (26), warga Kelurahan Panjang, Kecamatan Bae, mengaku tidak tahu akan peringatan G30S/PKI. Tidak adanya sosialisasi dari pemerintah desa, menurutnya membuat warga, termasuk dirinya, tidak memasang bendera setengah tiang sebagai wujud duka cita.

”Saya tidak tahu kalau ini merupakan peringatan hari G30S/PKI. Pemerintah desa tidak memberi informasi maupun perintah apapun perihal peringatan G30S/PKI. Jadi saya tidak mendirikan bendera setengah tiang,” ungkapnya pada Koran Muria, kemarin.

Sementara itu, sejumlah mahasiswa UMK yang tergabung dalam BEM Fakultas Tehnik, tanpa menunggu instruksi dari kampus, dengan inisiatif sendiri mengibarkan bendera setengah tiang, kemarin. Bendera tersebut dipasang di depan kantor BEM Fakultas Teknik.

Presiden BEM Fakultas Tehnik Muhammad Muttaqin mengaku, inisiatif tefrsebut dilakukan guna mengapresiasi perjuangan para pahlawan. Sebagai wujud peringatan dikibarkanlah bendera setengah tiang.

“Pengibaran bendera ini merupakan wujud penghargaan kami kepada para pahlawan. Ini merupakan inisiatif kami sendiri. Kami tidak pernah diberi instruksi apapun dari kampus,” katanya. (Solichul Huda / Suwoko)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →