Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Petani Minta Alat Pemipil Jagung



Reporter:    /  @ 02:30:05  /  1 Oktober 2014

    Print       Email

Bupati Pati Haryanto sedang melihat kualitas jagung super hibrida, dalam panen raya jagung di Desa Larangan, Kecamatan Tambakromo, kemarin. (KOMA / Syamsul Falak)

PATI – Sejumlah petani jagung di Kecamatan Tambakromo, meminta bantuan alat pertanian, untuk menunjang produksi pertanian mereka. Permintaan itu disampaikan langsung ke Bupati Pati Haryanto, saat panenan raya jagung super hibrida, di Desa Larangan, Kecamatan Tambakromo, Selasa (30/9).

Dalam kegiatan itu, banyak warga yang langsung meminta diberi bantuan alat pemimpil jagung. Karena dengan alat tersebut dapat memudahkan petani jagung, dalam memproses hasil produksi. ”Kami meminta bantuan mesin pemipil jagung pada Pak Bupati,” kata Senen, warga Maitan, Kecamatan Tambakromo.

Selain mesin pemipil jagung, sejumlah warga juga mengusulkan bantuan traktor, untuk mempercepat dalam proses pengolahan lahan. Warga lainnya juga mengusulan pembangunan embung.

”Kami mengusulkan pembangunan embung, untuk mengairi 13 hektare lahan pertanian warga di sekitar sini,” kata Sugiyono, warga Desa Pakis.

Bupati Pati Haryanto menyatakan, pihaknya akan melakukan survei untuk menindaklanjuti permintaan warga. Termasuk usulan pembangunan embung tersebut.

”Kami akan survey di lapangan, jika memang embung ini punya manfaat yang besar untuk wilayah sekitarnya, tentu akan kami tindak lanjuti,” katanya.

Sementara untuk alat-alat pertanian, Haryanto menyatakan akan menyiapkan anggaran. Selain itu, pihaknya juga akan mengerahkan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) untuk membantu penyusunan proposal permintaan bantuan alat pertanian itu.

”Peran PPL dalam pertanian jagung patut diapresiasi. Mereka lah yang mengenalkan tanaman jagung super hibrida pada petani desa Larangan,” tukasnya. (Syamsul Falak / Ali Muntoha)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →