Loading...
You are here:  Home  >  Sosial  >  Artikel ini

Tabung Elpiji Bocor, 5 Rumah Ludes



Reporter:    /  @ 01:18:16  /  1 Oktober 2014

    Print       Email

Petugas pemadam kebakaran berusaha memadamkan sisa api yang berasal dari puing-puing rumah korban kebakaran di Desa Kramat, Kecamatan Penawangan, Selasa (30/9). (KOMA / Nurokhim)

GROBOGAN – Lima unit rumah warga RT 2/RW 1, Desa Kramat, Kecamatan Penawangan, ludes terbakar, Selasa (30/9) sekitar pukul 12.00 WIB. Tidak ada korban jiwa atau luka pada peristiwa tersebut, namun pemilik rumah yakni Sawadi dan Rusmuji mengalami kerugian sekitar Rp 700 juta.

Kebakaran yang diduga akibat tabung elpiji bocor tersebut berawal saat rumah Rusmuji sedang mengadakan syukuran atas pembelian sebuah kendaraan traktor. Saat suasana dapur ramai oleh kegiatan memasak untuk hidangan syukuran, tabung gas yang dipakai memasak bocor dan langsung meledak.

Ledakan keras dari tabung gas disertai kobaran api yang langsung melalap berbagai perabot rumah yang ada di dalam rumah. Hanya dalam hitungan menit, kobaran api yang semula di bagian dapur kian membesar dan merembet ke bagian lain dan rumah di sampingnya.

Selain dinding rumah berbahan kayu, tiupan angin memicu kobaran api kian membesar dan sulit dijinakkan. Sebelum mobil pemadam kebakaran datag ke lokasi kejadian, warga bergotong-royong berusaha memadamkan api dengan peraatan seadanya. 

”Warga sempat berhenti memadamkan api karena kaget mendengar ledakan keras dua kali. Ledakan itu kemungkinan dari mesin dua sepeda motor di dalam rumah itu. Ai cepat sekali berkobar, sehingga tidak ada 15 menit lima rumah sudah ludes terbakar,” ujar salah seorang warga setempat, Rusmin.

Sementara itu, pemilik rumah tidak sempat mengambil barang berharga miliknya. Seluruh bangunan dan isi rumah hangus tak tersisa dilalap si jago merah. Akibat kejadian tersebut dua pemilik rumah mengalami kerugian ratusan juta rupiah.

”Lima rumah, dua sepeda motor, barang-barang elektronik, surat-surat penting, dan sekitar dua ton gabah telah terbakar,” tutur Sawadi.

Sementara itu, tiga mobil pemadam kebakaran yang datang ke lokasi gagal memadamkan api lantaran jarak dan akses jalan sulit dijangkau kendaraan. (Nurokhim/Sumarni)

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →