PLT Biomass Karimunjawa Hasilkan 0,6 MW

JEPARA – Persoalan Karimunjawa yang masih dicarikan solusi adalah masalah ketersediaan energi listrik. Untuk menambah pasokan listrik di kepulauan terluar Jepara itu, akan dikembangkan listrik tenaga biomassa.

Asisten II Setda Edy Jatmiko mengatakan PLTD yang menjadi andalan sumber listrik di Karimunjawa, masih banyak dijumpai permasalahan. Selain karena ongkos produksi yang tinggi, harga jual listrik ke masyarakat juga melambung. Untuk tiap meter pelanggan di Karimunjawa, dibebani biaya hingga Rp 2.500. 

”Kapasitas listrik yang dihasilkan PLT Biomass, mencapai 600 KW atau 0,6 MW. Jika sudah beroperasi, harga jual listrik PLT Biomass ini lebih murah dibanding PLTD, yaitu Rp 2.200 per kwh,” kata Ady, kemarin.

Menurut Edy, saat ini sudah ada investor untuk pengembangan listrik tenaga biomassa. Sementara, pihaknya hanya bertugas memfasilitasi, dan yang menjembatani adalah PLN Jateng. Sebab, penyiapan listrik tenaga biomassa ini untuk mengatasi kebutuhan listrik. Karena, PLTD tidak beroperasi lagi dan PLTG juga belum beroperasi. ”PLTD direncanakan tidak beroperasi lagi pada Maret 2015,” imbuhnya.

Edy menjelaskan, si Indonesia, PLT Biomass yang sudah beroperasi berada di Desa Pongongaila, Kecamatan Pulubala, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. PLT Biomass berkapasitas 1×500 KW itu, menggunakan tongkol jagung sebagai bahan bakar utama. Namun, PLT Biomass di Karimunjawa tidak menggunakan tongkol jagung, melainkan limbah kayu mebel. 

”Jadi lebih murah. PLT Biomass ini hanya transisi saja, sebelum PLTGU beroperasi,” jelasnya.

Diketahui, selama puluhan tahun, sekitar 10 ribu warga Kepulauan Karimunjawa, Jepara mengandalkan pasokan listrik dari enam unit PLTD yang ada. Namun, di lapangan sering terjadi gangguan pada PLTD tersebut, sehingga warga kerap mengalami gangguan kelistrikan. 

Selain itu, karena ongkos produksi PLTD yang tinggi, membuat harga jual listrik ke masyarakat menjadi mahal. Karena tingginya biaya itu, tiap tahun Pemkab Jepara dan Pemprov Jateng mengucurkan anggaran, untuk subsidi listrik di Karimunjawa. (Wahyu KZ / Aries Budi)