Man City V AS Roma : Bukan Jaminan Tuan Rumah

MANCHESTER – Berstatus juara Liga Inggris, Manchester City selalu sial ketika tampil di Eropa dengan pencapaian maksimal Babak 16 Besar musim lalu. Untuk klub yang dibiayai dengan uang selangit, bertabur bintang, dan memiliki sang insinyur handal Manuel Pellegrini, hal tersebut terlalu menyakitkan. Kini, mereka mencoba peruntungan saat menjamu AS Roma yang tak terkalahkan.

Enam laga sudah dilalui oleh pasukan Rudi Garcia musim ini. Seluruhnya berakhir dengan kemenangan. Gawang i Lupi pun baru terkoyak dua kali. Sebaliknya, Roma sudah 14 kali membobol lawan, termasuk kala mempermalukan CSKA Moskow 5-1 di matchday pertama Liga Champions.

Ketika menggulung Verona 2-0 akhir pekan lalu, Serigala menyimpan Gervinho dan Alessandro Florenzi dari starting XI. Taktik yang sama juga diperagakan Manchester City yang bahkan memainkan kiper Willy Caballero kala menyikat Hull City 2-4.

Rekor gol Manchester City tergolong mengerikan. Gelandang anyar Frank Lampard mengoleksi empat gol dalam tiga laga terakhir. Edin Dzeko juga sedang menyala. Titik lemah tuan rumah ada pada lini belakang. Jika Vincent Kompany tangguh, maka hal tersebut tidak berlaku pada Eliaquim Mangala yang masih angin-anginan.

Faktor lain yang berperan adalah mental juara. Manchester City sudah bertemu dengan empat tim elite musim ini. Hanya Liverpool yang bisa mereka jungkalkan. Bahkan dalam dua kesempatan mereka selalu gagal menang melawan Arsenal. Chelsea bisa menahan mereka di Etihad, sementara Bayern Munchen menghabisi City 1-0 di matchday pertama.

Oleh karenanya, tidak ada jaminan Manuel Pellegrini bisa menuai kemenangan di laga ini. AS Roma yang lebih punya karakter bisa menyusahkan tuan rumah. Hasil imbang adalah yang paling realistis. Kecuali, City bisa memulihkan Sergio Aguero kembali.

”Aguero memang sudah mulai pulih. Kalau dia sudah bisa main, akan kami turunkan. Saat ini kami masih menunggu keputusan tim medis,” kata Manuel Pellegrini di halaman resmi klub.

Meski begitu, ia yakin bisa meraih kemenangan untuk memecahkan rekor selalu kalah di laga pertama. Terlebih lagi saat ini The Citizen akan bermain di kandang. 

”Kami akan gunakan kesempatan ini meski tak akan mudah. Apalagi, level Roma dan City sama. Mereka kuat dan punya materi pemain yang bagus,” ungkapnya. (Supriyadi)