Banyak Pilihan Nama di Pilkada 2015

BLORA – Koalisi Merah Putih di DPRD Blora sangat dominan. Bahkan, separuh lebih atau 30 anggota DPRD merupakan perwakilan dari partai politik (parpol) Koalisi Merah Putih tersebut. Sebut saja Partai Demokrat yang menjadi pemenang dalam pemilihan umum legislatif (Pileg) 9 April lalu, menguasai delapan kursi. Demikian juga dengan parpol tinggalan orde baru, Partai Golkar, memiliki delapan kursi. 

Ketua DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Abu Nafi mengatakan, partainya memiliki jatah lima kursi DPRD. Sementara, parpol Koalisi Merah Putih lainnya yang punya kursi banyak adalah PKS lima kursi, dan Gerindra sebanyak empat kursi. Sedangkan PAN dan PBB tidak memiliki jatah kursi di parlemen.

”Dengan komposisi tersebut, maka banyak nama yang jadi pilihan DPRD ketika mekanisme pilkada diserahkan kembali ke parlemen. Namun demikian, bagaimana mekanismenya, biar teman-teman di dewan nanti yang membahasnya,” kata Abu Nafi. 

Dirinya menambahkan, di dalam Koalisi Merah Putih juga sudah muncul sejumlah nama yang akan diusulkan menjadi bupati. Ia mencontohkan partai yang dipimpinnya, akan mengusung dirinya menjadi bupati pada periode mendatang. Hal itu sesuai dengan hasil musyarawarah kerja cabang (mukercab) beberapa waktu lalu. Kemudian, di Partai Demokrat muncul nama Bambang Susilo, yang tidak lain adalah ketua DPRD sekaligus ketua DPC Demokrat Blora.

”Ada nama Pak Kusnanto dari Golkar, yang kini jadi wakil ketua DPRD. Jadi, banyak nama di Koalisi Merah Putih yang bakal dimunculkan saat pilkada besok. Tapi, semua saya serahkan ke teman-teman PPP di DPRD. Mungkin, akan ada pembahasan internal di Koalisi Merah Putih,” terang wakil bupati Blora itu.

Sementara itu, Ketua Harian Koalisi Merah Putih Bagong Suwarsono ketika dikonfirmasi mengenai sejumlah nama di koalisi yang dibangun saat pilpres lalu membenarkan banyak calon-calon kuat yang bisa diusung menjadi bupati. Setidaknya, dengan komposisi yang ada Koalisi Merah Putih bisa mengusung empat pasang. 

”Nama-nama mereka sudah ada untuk diusung. Siapa mereka, jika sudah saatnya akan kita umumkan,” ujarnya penuh teka teki. (Aries Budi)