14.822 Pelamar CPNS Siap Bersaing

Pegawai BKD Pati yang termasuk dalam Panselnas daerah , sedang melakukan pendataan berkas peserta CPNS. Tes seleksi CPNS se-Karesidenan Pati akan dipusatkan di Kantor Bakorwil I Jateng. (KOMA / Syamsul Falak)

PATI – Sebanyak 14.822 peserta tes CPNS, siap bersaing untuk memperebutkan 136 kursi formasi yang tersedia di Kabupaten Pati tahun 2014. Hal tersebut, berdasarkan hasil verifikasi berkas pendaftar CPNS yang dilakukan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pati.

Kepala BKD Pati Jumani mengungkapkan, sesuai hasil pemeriksaan dan validasi yang dilakukan Panselnas di tingkat daerah, di Kabupaten Pati masyarakat yang mendaftar secara online sebanyak 17.293 pendaftar. Sedangkan untuk untuk berkas pendaftar yang diterima dan diseleksi BKD, sebanyak 16.112 berkas.

Dari jumlah itu 14.822 berkas dinyatakan Memenuhi Syarat (MS), dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) sebanyak 1.290 pendaftar. Belasan ribu pelamar yang lolos seleksi administrasi itu, akan disaring dalam rangkaian tes. Waktu pelaksanaan tes tersebut akan dilaksanakan 7 Oktober mendatang.

”Sebanyak 14.822 peserta akan bersaing secara terbuka pada pelaksanaan tes CPNS tahun ini. Tes akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Sehingga hasil tes akan langsung diketahui, sesaat setelah peserta menjalani tes. Pendaftar yang berhasil lolos akan disaring melalui tahapan seleksi selanjutnya,” katanya, Senin (29/9).

Lebih lanjut Jumani menuturkan, lokasi pelaksanaan tes akan digelar di Kantor Bakorwil I Provinsi Jateng di Pati. Tes CPNS tersebut nantinya, akan dilakukan bergantian, dengan kabupaten lain di sekitar Karesidenan Pati. Meliputi Pati, Jepara, Blora, Grobogan dan Demak.

Terpisah, Kabid Pengembangan SDM BKD Pati Prapto Suseno menambahkan, pelaksanaan tes CPNS sudah diatur dengan jadwal secara bergantian dan berurutan.

”Berdasarkan informasi yang kami terima, tes CPNS di wilayah Karesidenan Pati akan digelar di satu tempat. Tapi, untuk mekanisme pelaksanaan tesnya akan dilakukan berurutan. Misalnya, untuk Pati setiap harinya akan melakukan tes untuk 200 orang selama beberapa hari penuh. Hal itu disesuaikan, dengan kapasitas ruangan dan unit komputer yang disediakan,” pungkasnya. (Syamsul Falak / Ali Muntoha)