Bus Tabrak Motor dan Salon, 1 Tewas

BUS AKDP PO Patmo bernomor polisi K 1632 AB ringsek asetelah menabrak sepeda motor dan sebuah salon di jalur Rembang-Blora tepatnya di selatan Jembatan Sulang, Sabtu (27/9) siang. (KOMA/Ahmad Feri)

REMBANG – Kholida Sukmawati (15) warga Dukuh Karanganyar, Kecamatan Sulang, tewas seketika setelah terlindas bus Patmo bernomor polisi K 1632 AB di Jalan Rembang-Sulang, tepatnya di sebelah selatan Jembatan Sulang, Sabtu (27/9) sekitar pukul 12.30 WIB. Korban yang merupakan kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Rembang itu, meninggal dunia akibat mengalami luka parah pada bagian kepala.

Menurut keterangan sejumlah saksi, kecelakaan tersebut berawal saat korban membonceng teman satu sekolahnya Elma Oktaviani (15), warga Desa Landoh, Kecamatan Sulang mengendarai sepeda motor Honda Vario bernomor polisi K 5042 BM.  Saat sepeda motor korban melaju dari arah utara, tiba-tiba sepeda motor roboh dan keduanya terjatuh. Nahas, dari arah berlawanan melaju bus PO Patmo.

Bus antarkota dalam provinsi (AKDP) yang dikemudikan Musthofa (56), warga Desa Honggosoco,  Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus itu, sebenarnya sudah berusaha mengindari kedua korban. Namun bemper bagian belakang membentur kepala Sukma hingga nyawanya tidak tertolong.  Begitu membanting setir ke kiri, bus juga melindas sepeda motor milik Rubiyati yang sedang parkir di bahu kiri jalan, serta menabrak sebuah salon.

Penyidik Satlantas Polres Rembang Aipda Jemino mengatakan, saat kejadian korban tidak memakai helm. Hal itu menjadi pemicu utama korban mengalami luka berat di bagian kepala. Apabila korban mengenakan helm, kemungkinan lukanya tidak parah. Karena Elma yang mengemudikan sepeda motor dan  memakai helm hanya mengalami luka ringan.

”Atas kejadian ini kami mengimbau kepada pelajar yang belum memiliki SIM supaya tidak mengemudikan kendaraan. Lebih baik diantar orang tua saja saat sekolah atau naik kendaraan umum. Saat berkendara pakailah alat keselamatan, terutama helm,” ujar Aipda Jemino di lokasi kejadian, kemarin.

Sementara itu, pada Jumat (26/9) sekitar pukul 23.00 juga terjadi kecelakaan antara truk dan sepeda motor di Jalan Lasem-Sedan, Desa Wuwur, Kecamatan Pancur. Truk bernomor polisi B 9847 UI menabrak sepeda motor Honda Supra Profit. 

Akibat kejadian itu, sepasang suami istri yang mengendarai sepeda motor, Kardi (50) dan Sukah (46) mengalami luka berat di bagian tangan dan kepala. Kedua warga asal Desa Trenggulunan, Kecamatan Pancur itu masih menjalani perawatan di rumah sakit. (Ahmad Feri/Sumarni)