Anggota Dewan Orientasi di Semarang

Anggota DPRD Kudus dilantik di gedung DPRD Kudus, beberapa waktu lalu. Sebelum menjalankan tugasnya, mereka mengikuti orientasi di Semarang. (KOMA / Faisol Hadi)

KUDUS – Sebanyak 45 anggota DPRD Kudus yang baru dilantik beberapa waktu lalu, mengkituti orientasi dewan di Semarang. Para wakil rakyat itu dibekali banyak hal sebelum mereka menjalankan tugasnya sebagai anggota dewan.

”Setelah pelantikan pimpinan difinitif beberapa hari yang lalu, kami langsung menyusun alat kelengkapan dewan. Dan sore harinya kami langsung berangkat ke Semarang untuk mendapatkan orientasi,” kata Ketua DPRD Kudus Masan kepada Koran Muria, kemarin.

Menurutnya, orientasi dilaksanakan sampai dengan hari ini (29/9). Kegiatan orientasi berlangsung di Hotel Horison Semarang. Dan semua anggota dewan dilarang meninggalkan tempat selama kegiatan orientasi tersebut.

Dia menjelaskan, materi orientasi yang disuguhkan berupa pemahaman otonomi daerah. Materi tersebut sangat penting diberikan kepada anggota dewan guna menentukan kebijakan dan langkah kerja dalam DPRD nantinya.

Selain itu, lanjut Masan, semua anggota juga mendapatkan materi tentang Pancasila dan UUD 1945. Materi tersebut juga menjadi dasar kerja anggota dewan mendatang. Sebab setelah orientasi berlangsung, dewan mengagendakan banyak hal untuk menata Kudus.

”Setelah usai orientasi di Semarang, pada Senin sore harinya masih ada kegiatan yang harus dihadiri anggota Dewan. Yakni menghadiri acara kirab tombak. Setelah itu barulah kami rancanakan pembahasan APBD perubahan,” ujarnya kemarin.

Menurut dia, DPRD Kudus tetap menargetkan sebelum akhir Desember pembahasan APBD tuntas. Sehingga kinerja dewan dapat cepat, dan pemkab juga dapat segera menjalankan progam kerja yang direncanakan sesuai dengan targetnya.

Namun, kata politisi PDIP itu, untuk menuju ke sana membutuhkan proses yang tidak mudah. Sehingga dapat membuat dewan merencanakan agenda khusus untuk membahas persoalan tersebut. Terlebih membahas APBD yang akan digunakan sebagai acuan pembangunan Kudus ke depan.

”Kalau saya menginginkan secepanya langsung ada pembahasan dan rampung dengan baik. Bahkan rencana Senin kami langsung pembahasan. Namun kami belum bisa membahas Senin karena ada acara yang kami harus hadiri. Jadi target kami Selasa (besok) baru ada pembahasan,” pungkasnya. (Faisol Hadi / Suwoko)