Perayaan Kupatan, Pemudik Waspadai Kemacetan

REMBANG – Pemkab Rembang mengimbau kepada para pemudik yang melintas di jalur pantura Rembang, untuk mewaspadai kemacetan arus lalu lintas kendaraan. Pasalnya, prediksi puncak arus balik Lebaran 2014 bertepatan dengan perayaan Syawalan atau Kupatan.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Rembang Suyono mengatakan, tradisi Kupatan yang digelar seminggu setelah perayaan Hari raya Idul Fitri, biasanya berlangsung selama dua hari berturut-turut. Sehingga arus kendaraan di jalur pantura semakin padat oleh kendaraan pemudik dan masyarakat yang akan merayakan Kupatan.

”Perayaan Kupatan dilaksanakan di Balai Kartini dan Rembang-Dampo Awang Beach Tempat Rekreasi Pantai Kartini Rembang. Padahal kedua lokasi wisata itu berada di jalur pantura, sehingga dapat memicu kemacetan arus lalu lintas,” ujarnya.

Menurut dia, kirab larung sesaji sedekah laut Desa Tasikagung sebagai puncak acara Kupatan, biasanya dihadiri puluhan ribu pengunjung. Sehingga Dishubkoinfo dan Satlantas Rembang menetapkan pengalihan jalur kendaraan yang melintas di pantura.

”Untuk mengurai kemacetan, petugas akan mengalihkan mobil pribadi ke jalur alternatif. Selain itu, area parkir kendaraan pengunjung Kupatan juga akan ditata, supaya tidak menghalangi arus kendaraan berat di jalur pantura,” katanya. (Sumarni)