Gagal Bobol ATM, Diancam 7 Tahun Penjara

PATI – Setelah ditangkap jajaran Polsek Wedarijaksa, pelaku pembobol ATM BRI Unit Kajar, harus bersiap diancam hukuman berat. Pelaku dijerat dengan dakwaan percobaan pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman hukuman hingga tujuh tahun penjara.

Kapolsek Wedarijaksa AKP Sulistyoningrum mengatakan, pelaku percobaan pembobolan ATM sudah diamankan, beserta barang bukti sebuah kapak dan sepeda motor.

”Tersangka percobaan pembobol ATM itu bernama Jaenuri bin Kamari (22), warga Desa Sewaduk, Kecamatan Wedarijaksa,” jelasnya kepada Koran Muria, Kamis (31/7).

Untuk mempertanggungjawabkan aksi kriminalnya, tersangka dikenakan pasal 363 junto pasal 53 KUHP tentang percobaan pencurian dengan pemberatan. Dengan jeratan pasal itu, tersangka diancam hukuman kurungan penjara maksimal tujuh tahun penjara.

Tersangka dibekuk saat mencoba membobol brankas ATM BRI Unit Kajar, Rabu (30/7) dini hari. Saat ditangkap pelaku sempat melawan petugas dengan menggunakan kapak yang dibawanya.  

Dalam menjalankan aksinya, Jaenuri tergolong cukup nekat meski pemain baru. Meski begitu, menurut pengakuannya, tersangka sempat mempelajari kondisi tempat kejadian perkara (TKP), sebelum melancarkan niat jeleknya.

”Hal itu terlihat dari sasaran pembobolannya, karena dia lebih memilih ATM BRI unit Kajar. Menurutnya ATM ini lebih sepi bila dibandingkan dengan ATM BRI unit Wedarijaksa, yang lokasinya lebih dekat dengan tempat tinggal tersangka,” paparnya.

Sementara itu, Bripka Jumadi, salah seorang personel Polsek Wedarijaksa yang ikut meringkus tersangka mengatakan, saat hendak ditangkap tersangka sempat mengancam dengan menggunakan kampak. Ancaman itu dikeluarkan saat tersangka hendak melarikan diri pascadiketahui petugas.

”Jadi tersangka saat saya pergoki mengancam dengan membawa kapak yang dibawanya. Kapak itu diacungkan hingga di depan pintu gerbang kompleks BRI,” terang Bripka Jumadi.

Melihat hal tersebut, Bripka Jumadi segera mengambil langkah dengan menutup pintu gerbang. Bersama bantuan dua personel Polsek Wedarijaksa lainnya, akhirnya tersangka berhasil diamankan.

”Saya alihkan perhatiannya, dan dua petugas lain segera menyergap tersangka. Sehingga bisa kami amankan tanpa perlu mengeluarkan timah panas,”tukasnya. (Syamsul Falak / Ali Muntoha)