Wisata Mal Makin Jadi Pilihan

KUDUS – Libur Lebaran adalah salah satu libur yang paling ditunggu-tunggu masyarakat di Indonesia. Usai berlebaran bersama keluarga, kerabat, dan tetangga, biasanya akan langsung diisi dengan acara berlibur bersama.

Tujuan liburan sendiri tidak lagi hanya terbatas kepada tempat-tempat wisata yang sudah ada selama ini. Namun, satu lokasi yang juga menjadi tempat untuk melepaskan hasrat berlibur adalah mal. Bahkan, mal menjadi salah satu alternatif tersendiri untuk liburan dengan suasana berbeda.

Fasilitas yang dimiliki mal, ternyata mampu memikat banyak wisatawan untuk datang. Entah sekadar melihat-lihat, atau hanya nongkrong, ataupun menghabiskan dana Lebaran dengan belanja di sana. Semuanya bisa didapatkan di mal. 

”Kayaknya kalau ditanya mau kemana liburan Lebaran kali ini, saya belum ada rencana mau kemana. Sebagai warga asli Kudus, biasanya habis silahturrami ke keluarga atau tetangga, saya di rumah saja. Atau kalau mau sekadar menghabiskan waktu, ke mal saja,” ujar Danang, warga Kecamatan Kota, saat ditanya rencana liburan Lebaran.

Danang mengatakan, mal masih menjadi tempat yang sangat strategis untuk menghabiskan waktu saat liburan. Di sana, berbagai jenis hiburan ada. Termasuk jika kemudian hanya ingin berjalan-jalan sambil cuci mata saja. ”Apalagi sekarang mal di Kudus, seperti di Kudus Extension Mall (KEM), sudah ada hiburan bioskop. Di sana, nyari makan juga ada. Apalagi belanja baju, juga ada. Pastinya sudah terpenuhi kebutuhan. Dan tidak bikin bosan,” katanya.

Itulah kenyataan bahwa keberadaan mal di Kudus, bisa dibilang sudah menjadi salah satu kebutuhan masyarakat. Dan ada beberapa mal yang siap menyambut masyarakat pada momen Lebaran kali ini. Misalnya saja yang menyajikan hiburan cukup lengkap adalah KEM tadi.

 Di lokasi ini, terdapat berbagai tenant yang bisa memanjakan mata dan hobi belanja dari masyarakat. Aneka baju, produk rumah tangga, makanan minuman, dan lain sebagainya, ada di pusat perbelanjaan terbesar di Kudus ini. Termasuk saat ini, hadirnya bioskop NSC, yang siap memanjakan keinginan untuk melihat film-film terbaru yang sekarang sedang main. Karena diakui, keberadaan bioskop memang cukup banyak mendongkrak peningkatan pengunjung KEM itu sendiri. 

Dan asyiknya, KEM juga tetap buka pada hari H Lebaran. ”Ya, kami memang tetap buka saat Lebaran. Tapi siang hari, ya. Kalau pagi hari kan, biasanya digunakan untuk silahturrahmi. Makanya, kami buka pada siang hari,” jelas Manajer KEM Kurnianto, belum lama ini.

Kurnianto mengatakan, kenaikan trafik pengunjung di KEM, memang terbilang sangat tinggi saat puasa dan Lebaran lalu. Mencapai lebih dari seratus persen. Apalagi jika akhir pekan. ”Kalau boleh dibilang sangat penuh. Kenaikannya memang cukup tinggi, ya. Mereka mencari kebutuhan Lebaran lalu,” terangnya.

Termasuk juga kehadiran bioskop di KEM. Menurut Kurnianto, hal itu ternyata juga sanggup mendongkrak pengunjung yang datang ke mal. Apalagi jika film yang diputar adalah film-film yang sedang box office. ”Pastinya itu akan membuat antrean penonton jadi makin panjang. Seperti film Transformer kemarin, yang memang sangat panjang ditayangkannya karena banyak yang suka,” tuturnya.

Mal lain yang juga terdapat di Kudus, adalah Mal Kudus di mana Ramayana tegak berdiri di tengah Alun-alun Kudus. Lokasi yang strategis ini, memang bisa menarik banyak minat masyarakat untuk datang. Pasalnya, banyak kegiatan masyarakat yang dilakukan di tengah kota. Pada Lebaran kali ini, Ramayana juga akan tetap buka seperti biasa.

Di sisi luar kota, ada juga ADA Swalayan, yang menjual aneka kebutuhan masyarakat. Di sini, kebanyakan yang dilakukan memang berbelanja kebutuhan sehari-hari. Selain tentunya arena bermain anak-anak dan penjualan pakaian dan peralatan lainnya. ADA Swalayan sendiri, pada hari pertama Lebaran, memberlakukan hari libur alias tutup. Mal ini akan kembali buka pada Lebaran hari kedua. (Merie)