Keciput, Camilan Khas yang Tak Terlewatkan Saat Lebaran

Menyiapkan makanan kecil menjelang Lebaran menjadi aktivitas tak terlewatkan bagi sebagian masyarakat di Indonesia, termasuk di Kudus. Sekitar sepekan menjelang Lebaran, sebagian masyarakat di Kudus sibuk menyiapkan camilan khas Lebaran, yakni keciput.

Makan ini terbuat dari tepung ketan dicampur dengan telur ayam dan sedikut gula, lengkap dengan wijen sebagai pelengkapnya. Bentuk makanan kecil ini umumnya bulat. Namun tak jarang ditemukan keciput dengan bentuk lonjong. Keciput dimasak dengan cara digoreng di atas minyak goreng panas.

Aktivitas membuat makanan keciput, umumnya dibuat bersama anggota keluarga. Hal ini sebagaimana terlihat, sebagian besar masyatakat di Kudus. Selain bisa menyiapkan camilan untuk disajikan pada tamu saat Lebaran, aktivitas tersebut memberi keakraban di antara anggota keluarga.

”Kami tidak pernah melewatkan untuk membuat keciput menjelang Lebaran. Sajian ini tidak boleh ditinggal, karena sudah menjadi budaya,” ujar Suyati, warga Desa Berugenjang, Kecamatan Undaan, beberapa waktu lalu.

Dia mengatakan, saat membuat makanan ini, dia melibatkan seluruh anggota keluarga. Biasanya, keluarganya membuat keciput setelah pulang dari salat tarawih di masjid. Setelah matang, keciput disimpan dalam plastik agar terjaga kerenyahannya. 

”Keciput bisa ditemukan hampir di setiap meja masyarakat Kudus saat Lebaran. Meski saat ini banyak tersedia camilan dengan rasa dan kemasan yang menarik, namun bagi kami keciput adalah camilan utama saat Lebaran,” tuturnya. 

Bagi masyarakat di luar daerah, bisa menikmati keciput saat berkunjung ke sanak famili, atau kerabat saat berlebaran di Kudus. Jika ingin membawa makanan khas ini untuk oleh-oleh, di sejumlah toko makanan kecil di Kudus, menyediakan makanan ini. 

Beberapa toko makanan kecil di Kudus yang bisa ditemukan makanan keciput, di antaranya di Jalan Johar, Jalan Sunan Kudus, dan Jalan Sunan Muria. Umumnya, keciput dijual per kilogram dengan harga bervariasi. Namun, bagi yang ingin membeli keciput dengan kemasan cantik, bisa membelinya di sejumlah toko yang ada di sejumlah kawasan di Kudus. 

Meski keciput merupakan makanan khas saat Lebaran, bagi masyarakat dari luar daerah yang ingin membeli oleh-oleh ini, bisa mendapatkannya di sejumlah toko, meski tidak dalam momen lebaran.

Selain jenang, madu mongso, dan sejumlah camilan khas lain, keciput juga bisa dijadikan oleh-oleh alternatif khas Kudus. Selain rasa original, saat ini juga tersedia berbagai macam rasa yang bisa dijumpai di sejumlah toko. Ada rasa pedas, rasa manis, dan lain sebagainya. (Suwoko)