Yunani Tolak Bonus Piala Dunia

ATHENA – Para pemain Timnas Yunani menolak bonus untuk penampilan mereka di Piala Dunia 2014. Mereka justru menyarankan agar uang tersebut digunakan untuk membangun pusat pelatihan nasional di negara yang tengah kekurangan dana itu.

Penolakan tersebut dilakukan setelah Yunani dikalahkan oleh Kosta Rika lewat adu penalti pada Senin pagi WIB. Yakni, dengan cara menulis surat kepada Perdana Menteri Antonis Samaras bahwa mereka tidak akan menerima bonus yang dijanjikan.

”Kami tidak mau bonus ekstra. Kami bermain untuk Yunani dan rakyatnya. Tetapi kami meminta anda untuk mendukung upaya kami untuk mencari sebidang tanah demi membangun pusat pelatihan yang akan menjadi markas timnas kita,” demikian tertulis dalam surat itu seperti dikutip Antara.

Apa yang dilakukan para pemain Yunani ini sangat kontras dengan keinginan para pemain Kamerun dan Ghana. Skuad dua negara Afrika itu justru meminta bonus segera diberikan. Jika tidak, mereka mengancam akan memboikot. Federasi Sepak Bola Ghana malah mengirim 3 juta dollar AS (sekitar Rp 35,573 miliar) untuk memenuhi tuntutan para pemainnya.

Sayang, perjalanan Yunani di Piala Dunia 2014 ini berakhir di babak 16 besar. Usaha mereka untuk terus mencatatkan sejarah digagalkan Kosta Rika yang mengalahkannya lewat drama adu penalti pada laga yang berlangsung Senin (30/6) dini hari WIB.

Yunani memang tidak diunggulkan. Meski demikian, negara ini pernah menggemparkan Eropa ketika menjadi juara Piala Eropa 2004. (Supriyadi)