Manchini Kandidat Kuat Arsiteki Italia

BRASILIA – Tak mau berlama-lama terpuruk dalam jurang penyesalan, setelah terdepak dari Piala Dunia Brasil, Italia langsung berbenah. Tim yang ditinggalkan Cesare Prandelli tersebut pun dikabarkan langsung tancap gas dengan mencari kandidat baru untuk mengaristeki Gil Azzurri ke depan.

Kabar terbaru Sport Mediaset menyatakan Roberto Mancini menjadi sosok favorit untuk meneruskan posisi Cesare Prandelli sebagai pelatih timnas Italia. Eks bos Manchester City ini menjadi kandidat terdepan untuk menjadi pelatih baru Italia setelah bersedia menurunkan tuntutan gajinya.

Prandelli memutuskan mundur menyusul terdepaknya La Nazionale dari Piala Dunia 2014 usai ditundukkan Uruguay 1-0 pada laga terakhir grup. Sebelumnya, Prandelli yang memiliki baderol pelatih termahal ketiga hingga mencapai 2,58 juta poundsterling. Meski begitu, ia gagal total membawa Italia menuju babak knock out.

Mancini, yang belum lama ini berpisah dengan Galatasaray, mengemuka sebagai kandidat suksesor Prandelli. Dari info yang beredar ia akan beradu dengan Massimiliano Allegri, Luciano Spalletti, serta Alberto Zaccheroni.

Satu kendala bagi FIGC untuk merekrut Mancini adalah eks bos Manchester City itu merupakan pelatih dengan bayaran termahal dibandingkan tiga calon lainnya. Tapi kini ia dilaporkan telah menurunkan permintaan gajinya demi mengambil kesempatan menukangi Azzurri.

Hal tersebut tentunya menjadi angin segar untuk Pirlo dkk untuk menuntut balas di ajang Piala Dunia 2018. Apalagi, Pirlo sendiri telah menyatakan siap dipanggil kembali untuk memeperkuat Italia setelah menyatakan diri pensiun. (Supriyadi)