Hadapi Lebaran, Telkom Lengkapi Infrastruktur

KOTA SEMARANG – Dalam menghadapi Lebaran, PT Telkom (Persero) sudah menambah fasilitas. Yaitu fasilitas yang berupa kelengkapan infrastruktur di kawasan pantura.

”Kami sudah menyiapkan infrastruktur, contohnya kalau di daerah pantura sampai sekarang Telkom sudah prepare jaringan wifi,” ujar General Manajer Telkom Wilayah Telekomunikasi Jateng Utara Rijanto Utomo, di Semarang, dikutip Antara.

Persiapan lain yang tengah dilakukan yaitu, menambah jaringan wifi untuk titik-titik yang akan dijadikan posko. Mengenai kondisi tersebut, pihaknya masih berkoordinasi dengan Polri.

”Prediksi kami 1-2 hari setelah dilaksanakannya Pemilu Presiden, baru posko-posko mudik terutama kawasan pantura dipastikan ada dimana saja. Yang pasti kami sudah siap menambah jaringan wifi,” jelasnya.

Seperti tren di tahun sebelumnya, Rijanto memastikan akan ada peningkatan penggunaan internet. Karena banyak pemudik yang membutuhkan informasi terkini.

”Mereka akan banyak menggunakan ponsel atau gadget, untuk update informasi terbaru terkait mudik. Mungkin transportasi atau kondisi jalan yang akan mereka lalui, selama perjalan mudik ini,” jelasnya.

Untuk memberikan kepuasan kepada konsumen, pihaknya menambah kecepatan internet hingga 100 mega bits per second (mbps). Sehingga memudahkan pengguna layanan internet, untuk mengetahui informasi yang mereka butuhkan.

Mengenai titik yang tidak ada sinyal sama sekali, Rijanto tidak menampik kondisi seperti itu, tetap akan terjadi dan tidak bisa dihindari.

”Ada beberapa daerah yang terpaksa blank spot (sinyal kosong). Karena kami mengutamakan titik-titik yang ramai pemudik atau pertemuan, antara pemudik dari daerah yang berbeda,” jelasnya.

Sementara itu, untuk layanan pengguna Telkomsel juga bisa menikmati penggunaan internet dengan cepat. Karena ada beberapa titik, yang sudah dilengkapi dengan GPS premium atau dengan kecepatan 100 mbps.

”Segala infrastruktur ini merupakan bentuk antisipasi kami dari lonjakan penggunaan data, yang pasti akan sangat tinggi dibandingkan hari biasa,” tukasnya. (Titis Ayu)