Dishubkominfo Pati Siapkan Lima Titik Jalur Alternatif

PATI – Untuk menghindari kemacetan lalu lintas selama arus mudik, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Pati sudah menyiapkan lima titik jalur alternatif. Jalur tersebut berada di beberapa titik, yang tembus ke jalur pantura timur.

Lima titik yang disiapkan yakni, dari arah barat, Pati-Rendole-Gembong- Kudus. Dari arah utara dan timur meliputi, Pati-Wedarijaksa-Bakaran-Juwana, dan Pati-Gabus-Winong-Jakenan-Batangan.

”Kami juga menyiapkan dua jalur alternatif dari arah selatan meliputi Pati-Kayen-Cengkalsewu-Jekulo-Kudus, dan Pati-Gabus-Winong-Jakenan-Batangan. Semuanya bertujuan untuk membantu mengurai kemacetan jalur pantura Pati-Kudus, Pati-Juwana, dan Pati-Batangan,” kata Kepala Dishubkominfo Pati Tri Hariyama, kemarin.

Ia menyatakan, jalur alternatif itu disiapkan berdasarkan hasil koordinasi dengan Satlantas Polres Pati dan instansi lainnya. Pihaknya menyakini, dengan disiapkannya jalur alternatif itu, akan mampu menegurai kemacetan pada puncak arus mudik mendatang.

Lebih lanjut Tri Hariyama menuturkan, pihaknya sudah melengkapi jalur alternatif dengan fasilitas perlengkapan jalan dan rambu-rambu. Semuanya dalam kondisi baik dan mencukupi.

Rambu-rambu tersebut dipasang, untuk membantu dan memudahkan para pemudik, sehingga tidak tersesat. Pihaknya juga sudah memasang rambu pendahulu penunjuk jalan (RPPJ), di beberapa titik strategis sebagai penanda arah bagi para pengendara.

”Agar para pengendara tidak terlalu kebingungan, kami mengimbau untuk tetap fokus saat berkendara melewati jalur alternatif dengan memperhatikan RPPJ yang sudah dipasang. RPPJ telah dipasanag di Gembong, Sukolilo, Wedarijaksa, Ngebruk, Juwana, dan Batangan,” pungkasnya. (Syamsul Falak  / Ali Muntoha)