Dandim Ingatkan Babinsa Tetap Jaga Netralitas

GROBOGAN – Seluruh personel Bintara Pembina Desa (Babinsa) di jajaran Kodim 0717/Purwodadi, diharapkan tetap bisa menjaga netralitasnya selama pelaksanaan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Sehingga, mandat yang diberikan oleh pimpinan dari pusat untuk bersikap netral, bisa dilaksanakan dengan baik. Pernyataan itu dikatakan Dandim 0717/Purwodadi Letkol Inf jaelan, ketika menggelar acara serah terima jabatan sejumlah komandan rayon militer (danramil) yang dialihtugaskan, belum lama ini. Dirinya juga menegaskan, semua anggota TNI harus ikut menjaga suksesnya pelaksanaan Pilpres pada 9 Juli 2014 nanti.

”Saya tidak ingin mendengar ada laporan, ada anggota Babinsa yang terindikasi mengarahkan masyarakat untuk mendukung salah satu pasangan capres-cawapres. Jagalah mandat dari pimpinan, untuk selalu menjunjung tinggi netralitas TNI,” katanya.

Jaelan menambahkan, netralitas TNI merupakan harga mati yang harus dikedepankan, setiap ada gelaran pesta demokrasi di Indonesia. Sebab, anggota TNI bebas dari aksi politik praktis, yang bisa memecah belah kesatuan. 

”Saya minta sekali lagi, Babinsa jangan ikut-ikutan kampanye. Jika ada anggota yang terbukti melakukan dukungan kepada salah satu pasangan, maka sanksi sudah menunggu,” tegasnya. 

Sementara itu, dalam kegiatan serah terima jabatan itu, danramil Sulursari yang semula dijabat Lettu Inf Romdani diganti Kapten Inf Susilo Bimo. Sedangkan Lettu Inf Romdani, menempati posisi baru sebagai Danramil Tanggungharjo yang ditinggalkan Kapten Inf Sofianto. Melalui kegiatan serah terima jabatan itu, dandim berharap personel yang mendapat tugas baru bisa segera menyesuaikan diri. Selain itu, serah terima juga sebagai ranah tour of duty dan tour of area.

”Jadikan sertijab sebagai pengalaman dan menambah wawasan dalam bertugas. Selain itu, itu juga betuk pembinaan karier yang bersangkutan untuk menggerakkan dinamika organisasi,” pungkasnya. (Aries Budi)