Brasil 3 – 2 Meksiko : Terima Kasih Cesar

BELO HORIZONTE – Brasil beruntung memiliki kiper berpengalaman pada sosok Julio Cesar. Aksi gemilangnya di bawah mistar gawang memberi andil besar terhadap lolosnya Brasil ke perempatfinal. 

Berkali-kali dia mampu mementahkan peluang emas Chile. Puncaknya, terjadi saat drama adu penalti. Kiper yang kini merumput bersama Toronto FC di Liga Amerika ini, sukses menggagalkan dua tembakan algojo Chile. Tak mengherankan, mantan kiper Inter Milan ini dianugerahi gelar man of the match pada laga tersebut.

Pelatih Brasil Luiz Felipe Scolari mengakui keberuntungan berpihak kepada timnya. Menyusul kemenangan Brasil atas Chile di Babak 16 Besar di Stadion Mineirao Belo Horizonte, Minggu (29/6) dini hari kemarin.

Setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal dan extra time, Brasil akhirnya menjejakkan kakinya di babak perempatfinal usai menang dalam adu drama penalti dengan skor akhir 3-2. ”Jika Anda tak bisa mengeksploitasi beberapa peluang yang Anda dapatkan, maka Anda bisa tersingkir. Kami hampir menanggung akibatnya pada menit ke-118 ketika tembakan pemain lawan membentur tiang gawang,” kata Scolari, dikutip Antara.

Sepanjang pertandingan, Brasil sering menyia-nyiakan peluang. Dalam adu penalti, Willian dan Hulk gagal merobek jala Chile. Namun, kiper Julio Cesar menciptakan dua penyelamatan penting saat menggagalkan tendangan Pinilla dan Alexis Sanchez. Brasil memastikan kemenangan setelah tembakan eksekutor Chile Gonzalo Jara membentur tiang gawang.

”Kami punya tiga atau empat peluang menciptakan gol (kedua) dan tidak terjadi. Kami bahkan mengusai penguasaan bola dan tembakan lebih banyak, tapi ketika Anda tak mencetak gol maka Anda selalu menghadapi risiko lebih banyak,” tambah dia.

Scolari tidak menampik adanya tekanan harus menang pada diri para pemain Brasil. ”Ini tim baru dan bahkan para pemain paling berpengalaman pun merasakan tekanan. Jika Anda bilang tidak merasakannya, maka Anda berbohong,” ujarnya.

Menurut mantan pelatih Portugal ini, Chile tampil cemerlang. Mereka tim yang teorganisasi baik dan ini adalah pertandingan yang seimbang. ”Saya ingin bilang pada rakyat Brasil, kita punya tim yang bagus dan banyak yang kita lakukan hari ini adalah berkat pendukung,” terang Scolari.

Usai kemenangan ini, Brasil akan berhadapan dengan Kolombia di Fortaleza, pekan depan. Scolari berharap semua pemainnya bugar pada waktunya untuk tantangan mendatang.

”Neymar luka paha kanannya pada awal pertandingan akibat pelanggaran keras (Charles Aranguiz pada menit keempat). Kami perlu mengevaluasinya namun semestinya punya waktu tiga, empat atau lima hari untuk berlatih dan meyakinkan dia bisa bermain pada pertandingan mendatang,” jelasnya. (Sundoyo Hardi)