Terpuruk di Padang, Persijap Telan Kekalahan Ke-12

JEPARA – Harus diakui, berbekal semangat saja tidak cukup bagi Persijap Jepara untuk mengais poin di kompetisi musim ini. Krisis yang mendera membuat Persijap harus menjadi korban sengitnya persaingan Indonesia Super League (ISL). Begitu juga saat melawan tuan rumah Semen Padang di Stadion H Agus Salim Padang, Jumat (30/5) kemarin. 

Alih-alih meraih poin, Persijap kembali babak belur. Tim asuhan Yudi Suryata ini dipaksa pulang dengan menelan kekalahan 0-3. Tiga gol ke gawang Persijap yang kemarin dikawal Dimas Galih berasal dari aksi Esteban Viscarra menit 45, M Nur Iskandar menit 50, serta Osas Saha saat laga memasuki menit 73.

Sangat miris melihat rapor Persijap musim ini. Dari 14 laga yang telah dimainkan, tim berjuluk Laskar Kalinyamat telah menderita 12 kali kekalahan. Satu laga mampu dimenangkan dan satu lain pertandingan berakhir dengan skor imbang. Selain itu, kekalahan ini menjadi kekalahan kedelapan yang dialami Persijap secara beruntun.

Sejak laga dimulai, tuan rumah Semen Padang langsung menguasai pertandingan. Gawang Dimas Galih beberapa kali nyaris jebol. Beruntung, tendangan Yu Hyun Koo di belum mampu berbuah gol. Begitu juga dengan tembakan Osas Saha dari jarak dekat yang masih mampu digagalkan Dimas Galih. Termasuk tendangan Hendra Bayauw yang menyamping tipis dari gawang Persijap.

Tambahan tiga angka ini membuat Semen Padang menempel ketat pimpinan klasemen Arema Cronus. Tim berjulu Kabau Sirah ini mengemas 26 poin dari 14 pertandingan. Sedangkan Persijap, kekalahan di Padang kemarin seakan mengekalkan predikat sebagai tim yang menjadi bulan-bulanan lawan di musim ini. Hanya memiliki empat poin, Evaldo Silva dkk tetap terkubur di dasar klasemen Wilayah Barat.

Pelatih Persijap Yudi Suryata mengungkapkan, timnya sudah berusaha memberikan perlawanan. Tapi, hasil akhir jauh dari harapan. Dia mengaku tak bisa berbuat banyak untuk meracik komposisi pemain yang tersisa di Persijap sekarang ini. Mengingat kondisi tim yang takkunjung membaik.

”Inilah hasil yang mampu kami dapatkan. Bagaimanapun juga, kami harus menerima kekalahan ini dengan lapang dada,” kata Yudi Suryata, saat dihubungi Koran Muria, kemarin.

Dia tidak ingin meratapi hasil buruk ini. Sebab, masih ada laga-laga berikutnya yang harus dijalani. Lebih baik, lanjut Yudi, dia dan para pemain segera mempersiapkan diri untuk meraih hasil lebih baik. 

”Di laga berikutnya, Persijap masih memiliki pekerjaan rumah. Kami akan curahkan konsentrasi sambil berharap Persijap masih bertahan dan melanjutkann kompetisi hingga selesai,” lanjut dia. (Wahyu Kz / Sundoyo Hardi)