Pemkab Pati Alokasikan Dana Rp 11,6 M untuk Sarpras Desa

PATI – Pemkab Pati mengalokasikan anggaran sebesar Rp 11.6 miliar untuk, pembangunan fasilitas dan sarana prasarana desa. Anggaran sebesar itu, akan disalurkan untuk 148 desa di seluruh Pati.

Bupati Pati Haryanto menyatakan, bantuan tersebut bersifat stimulan. Sehingga kekurangan anggaran, bisa dipenuhi secara swadaya oleh masyarakat. Bantuan tersebut bersumber dari APBD 2014. 

Pihaknya meminta kepala desa yang menerima bantuan, untuk menggunakannya dengan bijak dan tepat guna. 

Ia juga memperingatkan kepada kepala desa, untuk menyusun laporan pertanggungjawaban (LPj), sesuai dengan kondisi nyata. Sehingga tak akan berbuntut panjang terhadap masalah hukum.

”Meski nominal terhitung kecil, tapi karena menggunakan uang negara juga harus dipertanggungjawabkan penggunaannya. Sehingga, bisa tepat mutu, dan tepat guna,” katanya, Jumat (30/5).

Haryanto menyatakan, telah menyiapkan tim monitoring untuk mengawasi penggunaan dana bantuan itu. Tim akan diterjunkan mulai dari awal pembangunan hingga rampung.

Hal senada juga diungkapkan anggota Komisi III DPRD Kabupaten Pati Sismoyo. Menurut dia, bantuan tersebut dapat digunakan untuk membenahi sejumlah fasilitas umum desa yang rusak.

Terpisah, Kepala DPU Pati Suharyono menambahkan, dana bantuan itu akan dicairkan melalui sistem transfer langsung ke rekening desa. Bantuan akan dicairkan setelah desa penerima memenuhi semua persyaratan administrasi.

”Mengingat anggaran sudah disiapkan, kami berharap semua perangkat dan kepala desa yang menerima bantuan untuk segera menyelesaikan persyaratan administrasi. Memang pembangunannya tidak bisa serentak. Karena dana baru cair setelah persyaratan terpenuhi,” terangnya. (Syamsul Falak / Ali Muntoha)