Omega-3 Dukung Perkembangan Otak Anak

Asupan nutrisi yang tepat untuk anak berdampak pada pertumbuhan fisik dan perkembangan otak. Sehingga anak tumbuh berkembang dengan baik, serta cerdas dalam melakukan aktivitas. Direktur Micronutrient Initiative Indonesia (MII) Elvina Karyadi menyatakan hal itu, melalui rilisnya di Jakarta, demikian dikutip Antara.

Elvina mengatakan ada tiga kriteria nutrisi bergizi lengkap untuk anak. Yakni nutrisi yang mengandung bahan sumber tenaga yang berfungsi untuk beraktivitas, sumber zat pembangun yang berfungsi untuk pembentukan, pertumbuhan dan pemeliharaan sel tubuh (protein hewani & protein nabati), serta mengandung sumber zat pengatur proses metabolisme.

Kebutuhan Omega-3 misalnya DHA (Docosahexanoid Acid) dan EPA (Eicosapentaenoic Acid), juga sangat penting bagi anak. Zat gizi ini termasuk golongan asam lemak esensial, yang tidak bisa dibentuk oleh tubuh melainkan harus didapat dari luar. Omega-3 bermanfaat untuk pembentukan sistem saraf pusat dan fungsi visual/penglihatan. Sedangkan EPA berfungsi sebagai penghantar impuls saraf. Salah satu sumber Omega-3 yang baik adalah cod liver oil atau minyak hati ikan cod.

Cod liver oil dihasilkan dari ikan cod yang mengkonsumsi phytoplankton, dengan kandungan Omega-3 yang tinggi. Sehingga dalam hati ikan cod terkandung Omega-3 tinggi serta Vitamin A dan D alami, yang berguna untuk mendukung perkembangan otak, daya tahan, dan pertumbuhan. Elvina pun menambahkan pada dasarnya makanan anak usia dini (1 hingga 6 tahun) harus memenuhi semua zat gizi, kalori dan komposisi yang tepat yang dibutuhkan sesuai tahapan tumbuh kembang mereka.

”Di tengah kenyataan anak Indonesia masih menghadapi beban gizi ganda. Yaitu kurang dan kelebihan gizi, dukungan stimulasi orang tua dalam menanamkan pola makan sehat dengan gizi seimbang pada anak sangat penting. Karena status gizi anak membawa dampak pada kehidupan mereka selanjutnya,” jelasnya.

Pakar Gizi Medik dari FKUI Saptawati Badarsono, mengatakan untuk pemenuhan kebutuhan nutrisi pada anak, bisa didapat dari makanan bergizi termasuk dari konsumsi susu secara teratur.

”Manfaat susu untuk anak antara lain sebagai sumber utama kalsium, protein, vitamin dan mineral,” tambahnya. (Titis Ayu)