Microsoft Surface Pro 3, Tablet Sekaligus Laptop

Microsoft pekan ini mengenalkan Surface Pro 3, tablet generasi penerus Surface. Menyajikan banyak perubahan baik dalam desain, kemampuan, maupun perangkat lunak di dalamnya. 

Seperti dikutip Antara, CVP Microsoft Panos Panay saat mengenalkan perangkat itu di New York. Ia mengatakan, Surface Pro 3 didesain sebagai tablet yang sekaligus menggantikan fungsi laptop dan PC yang powerfull.

Microsoft Surface Pro 3  yang berlayar full HD 12 inci itu, menurut Panay, dirancang untuk menjawab kebutuhan konsumen yang cenderung tetap memerlukan laptop meskipun sudah mempunyai tablet. Jika dibandingkan Surface Pro 3 dengan perangkat Apple, ia mengatakan tablet terbaru Microsoft tersebut 30 persen lebih tipis, dibanding MacBook Air 11 inci.

”Seperti tampak dalam video Live Webcast di laman resmi Microsoft, dengan penuh semangat mendemonstrasikan kelebihan-kelebihan Surface Pro 3. Termasuk ketika difungsikan sebagai laptop dengan keyboard aksesoris, serta saat difungsikan layaknya PC dengan Docking Station dan sebuah mouse,” jelas Panay.

Bukan cuma itu, Panay juga mempertontonkan bagaimana Surface Pro 3 dikombinasikan dengan pulpen stylust untuk mengedit dokumen, memberikan catatan, bahkan menggambar, yang hasilnya dapat diakses melalui Microsoft Word maupun Photoshop. Dipamerkan pula, bagaimana tablet berprosesor Intel Core generasi keempat itu menjalankan program Adobe Photoshop. Pengguna dapat dengan mudah mengecilkan tampilan, memperbesar, dan merotasi foto hanya dengan jari-jari tangan.

Keyboard yang sekaligus menjadi cover Surface Pro 3, dapat menempatkan tablet dalam berbagai sudut kemiringan sesuai keinginan. Pengguna juga akan tetap nyaman ketika menggunakannya di pangkuan atau di meja.

Stylust yang dinamai Surface Pen, kata Panay, didesain benar-benar menyerupai pulpen yang sebenarnya. Baik ukuran maupun bentuknya untuk membuat pengguna nyaman ketika menggunakannya. Pengguna dapat dengan mudah langsung membuka program OneNote dengan hanya menekan bagian atas Surface Pen, dengan jempol tangan atau bisa berfungsi sebagai tombol untuk pengambilan foto (memotret). 

Panay memperlihatkan bagaimana kemampuan Windows 8.1 Pro pada Surface Pro 3, dapat menampilkan dua jendela secara bersamaan. Satu window menjalankan aplikasi pemutar video, dan satu lainnya untuk membaca dokumen atau membuat catatan via OneNote.

Semua bentuk dokumen yang diproduksi melalui OneNote dapat langsung disimpan dalam layanan cloud Microsoft, dan dapat diakses dari mana saja dan melalui banyak perangkat, baik itu dari smartphone maupun PC. 

Surface Pro 3 dipasarkan dalam kisaran harga mulai 799 dolar dan ditawarkan dalam berbagai konfigurasi, ada yang berprosesor Intel Core i3, i5, atau i7. Microsoft membuka pre-order untuk Surface Pro 3 mulai pekan ini melalui Microsoftstore.com, toko ritel Microsoft, dan peritel pihak ketiga tertentu. (Titis Ayu)