Galian Kabel Optik Ganggu Pejalan Kaki

BLORA-Kerapian Jalan Pemuda Blora terusik, dengan keberadaan galian kabel optik. Sebab, galian kabel optik itu cukup mengganggu para pejalan kaki, terutama yang berjalan di pinggir jalan dekat trotoar.

Salah satu warga, Suminto mengatakan biasanya, jalan-jalan di tengah kota terlihat bersih dan rapi. Namun, dengan adanya galian kabel optik itu, keadaan menjadi semrawut dan terlihat kumuh.

”Cukup mengganggu kami sebagai pejalan kaki. Apalagi, jalan ini merupakan jalan protokol yang cukup ramai di Blora,” katanya.

Menurut Suminto, kondisi tersebut membuat warga merasa tidak nyaman. Karena, jalan di pusat kota yang biasanya indah menjadi tidak tertata rapi. ”Bahkan, tanah bekas galian dan tumpukan kabel dibiarkan begitu saja di pinggir jalan,” imbuhnya.

Suminto menjelaskan, berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, penutupan bekas galian tidak sempurna, dan hanya sekadarnya saja. Sebab, pekerja biasanya hanya menutup begitu saja, dan setelah dipadatkan kemudian ditinggal. Sehingga, lubang bekas galian tersebut cukup berbahaya. Karena, bisa membuat orang yang berjalan dan tidak tahu bisa teperosok. Sebab, tanah bekas galian bisa ambles setelah lama, apalagi kalau diguyur hujan setiap hari. ”Dulu, sering ada mobil yang teperosok saat parkir di atas bekas galian,” ujarnya.

Dirinya berharap, pihak yang melakukan penggalian kabel optik bisa bertanggung jawab, dan merapikan bekas galian tersebut. sehingga, tidak membahayakan bagi pejalan kaki atau pengguna jalan yang lain. Selain itu, ada aturan yang tegas dari pemkab, terkait proyek galian yang berada di pinggir jalan. Apabila ada pihak yang melanggar ketentuan, bisa dijerat dengan sanksi hukum yang berlalu.(Aries Budi)