Tahapan Pemilu Presiden Dimulai

KUDUS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus memastikan hingga kini tidak ada anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS), maupun panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang mundur. Saat ini tahapan Pemilu Presiden sudah dimulai.

”Mudah-mudahan, tidak ada yang mengundurkan diri seperti sebelumnya terdapat 10 anggota PPS yang mundur karena beberapa faktor,” kata Ketua KPU Kudus, Moh Khanafi, di Kudus, Rabu (30/4) seperti ditulis Antara.

Khanafi mengatakan, pada Pemilu Legislatif 2014 yang lalu, anggota PPS dan PPK ada yang mundur, karena terpilih sebagai kepala desa, meninggal, sakit, maupun karena alasan kesibukan lainnya. Saat ini, semua PPS sedang menyelesaikan tahapan pemutakhiran terhadap pemilih yang berumur 17 tahun.

”Tahapan tersebut sudah dimulai pada 10 April hingga 9 Juli. Selain itu mereka juga menyelesaikan pemutakhiran daftar pemilih tambahan (DPTb), yang telah dimulai pada 21 April 2014 hingga 10 Mei,” tuturnya. 

Khanafi mengatakan, selanjutnya akan dilakukan penetapan daftar pemilih sementara (DPS) mulai 11-12 Mei 2014, dan diumumkan kepada masyarakat mulai 13-19 Mei 2014. Pada 3-4 Juni 2014, katanya, dilakukan penyusunan DPT di tingkat PPS, kemudian dilanjutkan penyusunan dan rekapitulasi di tingkat PPK mulai 5-6 Juni 2014.

”Rekapitulasi dan penetapan di tingkat KPU Kabupaten dilaksanakan mulai 7-9 Juni 2014. Apabila ada anggota PPS yang mengundurkan diri, akan ditunjuk anggota PPS urutan berikutnya, jika usulan sebelumnya lebih dari tiga orang,” katanya.

Dia menambahkan, ketika ada anggota PPK yang mengundurkan diri, akan dilakukan penunjukkan urutan berikutnya. Karena sebelumnya ditentukan ranking 10 besar peserta seleksi. Khanafi menyatakan, mereka merupakan garda terdepan dalam meraih kesuksesan dalam penyelenggaraan Pemilu Presiden nantinya.

”Hal terpenting, mereka bisa menjaga kredibilitas dan integritas selama menjadi anggota PPS,” ujarnya. (Suwoko)