Selama 29 Tahun Idap Tumor dan Dirujuk ke RSUP Dr Karyadi

GROBOGAN-Sejak kecil, Suhardi (34) dikenal sebagai sosok yang periang di desanya. Namun, ketika memasuki usia lima tahun, Suhardi menampakan gejala adanya daging tumbuh. Akan tetapi, pihak keluarga tidak mengetahui hal itu. 

Selama 29 tahun, Suhardi tinggal bersama keluarganya di Desa Karangasem RT 5, RW 3, Kecamatan Wirosari. Selama puluhan tahu itu, Suhardi harus melakukan aktivitasnya dengan tumor yang berada di belakang kepala dan dadanya.

”Dulu pernah dibawa ke rumah sakit, katanya tumor permanen. Setelah itu, mau diperiksa tapi takut. Jadinya hanya dibiarkan saja,” kata Risman, saudara Suhardi.

Risman menambahkan, sebelumnya Suhardi pernah mendapat surat rujukan dari RS Soejadti. Namun, surat rujukan tersebut ditolak oleh petugas. 

”Saat itu ditolak petugas di sana. Alasannya, pasien orangnya normal tidak apa-apa, sehingga tidak perlu rawat inap,” ujarnya.

Sementara itu, perihal kabar ada warganya yang mengalami tumor hingga puluhan tahun, pemkab setempat langsung turun tangan. Staf Ahli Bupati Bagian Ekonomi dan Keuangan Sugeng menyatakan, pihaknya akan mengupayakan pengobatan bagi warganya tersebut. 

”Atas usulan bupati, kami sudah membuatkan Jamkesda dan surat rekomendasi dari Dinas Kesehatan. Dari pihak RS Soedjati akan mengantarkan Suhardi berobat ke RSUP Dr Karyadi di Semarang. Untuk biaya, pemkab yang mengurusinya,” jelas Sugeng.(Nurokhim / Aries Budi)