Partisipasi Pemilih di Kabupaten Pati Pada Pileg 2014 Meningkat

PATI – KPU Pati menyatakan, tingkat partisipasi pemilih pada Pileg 2014 meningkat dibanding pilgub Jateng dan pilbup beberapa waktu lalu. Peningkatan mencapai dua persen dari pemilu sebelumnya, sehingga mampu memenuhi target 74 persen.

Peningkatan partisipasi pemilu ini diklaim imbas dari keberhasilan sosialisasi yang digencarkan penyelenggara pemilu. Komisioner KPU Pati Imbang Setiawan mengatakan, pencapaian partisipasi pemilih dalam pileg tahun ini sesuai dengan target yang ditentukan. 

”Dari hasil evaluasi pencapaian target partisipasi pemilih, untuk pileg tahun ini kami bisa mencapai target yang diharapkan, yakni 74 persen dari total pemilih. Dari persentase tersebut, setidaknya lebih tinggi jika dibandingkan partisipasi pemilih pada Pemilu 2009 lalu, yang hanya 72 persen,” jelasnya kepada Koran Muria, Rabu (30/4).

Lebih lanjut Imbang menuturkan, keberhasilan peningkatan partisipasi pemilih juga berasal dari peran Relawan Demokrasi. Relawan itu digeber untuk melakukan sosialialisasi di lima kelompok sasaran. Yakno kelompok marginal, difabel, kaum perempuan, agama, dan pemilih pemula.

Terpisah, Ketua KPU Pati Moch Nasich menambahkan, tercapainya target partisipasi pemilih dalam Pilleg 9 April lalu tersebut akan dijadikan modal KPU dalam pelaksanaan Pilpres 9 Juli mendatang.

”Melihat potensi dan hasil kerja sama yang baik, dengan semua pihak termasuk Relawan Demokrasi dan lapisan masyarakat kami optimistis untuk lebih meningkatkan partisipasi pemilih dalam pilpres. Untuk itu, kami juga masih menyesuaikan ketersediaan anggaran dalam menunjang proses sosialisasi tersebut,” imbuhnya. (Syamsul Falak / Ali Muntoha)