Naskah Soal Ujian Nasional Tingkat SMP Karimunjawa Dikirim Lebih Awal

JEPARA – Distribusi naskah soal Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat di Kepulauan Karimunjawa, akan dikirim lebih awal dari wilayah lain di Kabupaten Jepara. Khusus untuk wilayah terluar Jepara itu, naskah yang tiba Jumat (2/5) akan langsung dikirim. Hal itu dilakukan, karena untuk menghindari gelombang laut tinggi, sehingga tidak ada pelayaran menuju Karimunjawa.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara Muh. Zahid, Rabu (30/4) mengatakan, setibanya naskah paket soal di Karimunjawa akan disimpandi kantor kecamatan. Sedangkan soal untuk wilayah daratan Jepara baru tiba Sabtu sore (3/5). 

”Terkait pengiriman naskah UN tersebut, saat ini kami berkomunikasi intensif dengan pihak PT ASDP, Syahbandar, dan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo). Sebab, hal itu juga berkait usulan penundaan pelayaran kapal KMP Siginjai,” ujarnya.

Menurut dia,  jadwal pelayaran KMP Siginjai pada hari Kamis dari Karimunjawa, pagi pukul 08.00. Jika bisa, pihaknya meminta pelayaran diundur dua jam menunggu sampai UN selesai, supaya jawaban UN juga bisa langsung dibawa ke Jepara. Karena, bila tidak bisa maka harus  menunggu sampai Sabtu.

Ia menyebutkan, sekitar 16.973 siswa SMP sederajat di Kabupaten Jepara telah siap mengikuti UN pada Senin (5/5) – Kamis (8/5) mendatang. Jumlah tersebut terdiri dari 8.698 siswa SMP dan 8.275 siswa MTs. 

”Teknis pelaksanaan UN SMP sederajat tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya. Satu hari, para peserta mengerjakan satu mata pelajaran dengan 20 variasi soal.,” katanya. (Wahyu Kz/Sumarni)