Meski Pupuk Langka, Petani di Kabupaten Kudus Tetap Optimistis

KUDUS – Mayoritas petani di Kudus tidak pernah jera dengan kegagalan yang disebabkan oleh berbagai faktor. Kegagalan tersebut di antaranya disebabkan serangan hama, bencana banjir, hingga kelangkaan pupuk.

Selain memberikan manfaat terhadap keluarga, perjuangan para petani meningkatkan produktivitasnya juga berdampak positif terhadap ketersediaan pangan di daerah setempat.

”Kelangkaan pupuk bersubsidi yang terjadi di Kudus, terutama di Kecamatan Undaan, beberapa waktu lalu memang sempat membuat para petani khawatir,” kata Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kudus, Zaenal Arifin, kemarin, seperti ditulis Antara.

Menurutnya, terlambat dalam melakukan pemupukan pertama, tentunya bisa berdampak pada produksi tanaman padinya kelak. Sehingga potensi penghasilan untuk keluarga juga bisa berkurang. Selama ini, saat persemaian harus dilakukan pemupukan. 

”Kemudian usai ditanam harus dilakukan pemupukan pertama ketika usia tanaman mencapai 20 hari,” tuturnya.

Apabila terlambat melakukan pemupukan, kata Zaenal, berdampak pada pertumbuhan tanaman padi tidak bisa tumbuh tunas dalam jumlah banyak. Nantinya, tingkat produksinya juga menurun. Jika sebelumnya bisa mencapai 6 ton gabah kering panen (GKP) per hektare, ada keterlambatan pemupukan bisa turun menjadi 4-5 ton per hektare.

Dia mengatakan, petani mengalami kesulitan mendapat pupuk bersubsidi, karena saat ini petani tidak bisa langsung beli, tetapi harus pesan terlebih dahulu. ”Bahkan, banyak petani yang mengeluhkan hal itu karena diperoleh dengan cara beli saja masih sulit,” ujar Zaenal.

Selain itu, petani juga menghadapi kendala ketersediaan air yang bakal mengancam tanaman padi petani pada MT II ini. Karena ketika cuaca panas biasanya muncul serangan hama ulat. Selain itu, muncul pula hama wereng dan tikus meskipun saat ini belum terlihat serangannya secara sporadis.

”Meski begitu, kami akan tetap berusaha agar produksi padi yang kami tanam meningkat. Ini sumber penghidupan kami,” tutur Zaenal. (Suwoko)