Tekan Kecelakaan, Pemkab Pati Pasang Taffic lLght di Perempatan Lawet dan Kalianyar

PATI-Pemkab Pati segera memasang traffic light atau lampu lalu lintas (TL) di perempatan Lawet dan Kalianyar. Pemasangan tersebut sebagai upaya untuk mengurangi kepadatan arus kendaraan dan kecelakaan lalu lintas, terutama saat jam kerja.

Kepala Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo)  Pati Eko Budi Santosa mengatakan, seluruh pemasangan TL baru tersebut, sudah dianggarkan 2014. 

”Sementara ini, penambahan traffic light sudah terpasang baru di pertigaan Widorokandang. Sedangkan pemasangan di perempatan Lawet dan Kalianyar akan segera dikerjakan,” jelasnya kepada Koran Muria, Senin (31/3).

Selain pemasangan baru, Dishubkominfo berencana mengganti TL di pertigaan Juana.  penggantian. Biaya pengadaan lampu lalu lintas di perempatan Kalianyar, masuk anggaran DAK. Sedangkan lainnya berasal dari dana dari pusat.

Biaya pemasangan TL tersebut, pemkab membutuhkan biaya sebesar Rp 196 juta. Sedangkan untuk penggantian dan perbaikan jaringan TL  di sejumlah titik membutuhkan anggaran sekitar Rp 60 juta.

”Sejumlah titik di wilayah Pati rentan terjadi kecelakaan lalu lintas. Sehingga setelah dipasang traffic light ini, kami berharap dapat mengurangi kemacetan serta meminimalisir angka kecelakaan,” tandasnya. (Syamsul Falak / Sumarni)