Polisi Gagalkan Pembobolan ATM

KOTA SEMARANG – Ardi Nur Cahyo (20) gagal menguras isi mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BCA di dekat SPBU Sampangan, Selasa (1/4) pagi. Pemuda asal Bongsari, Semarang Barat ini keburu ditangkap polisi, sebelum sempat menikmati hasil jarahannya.

Berdasarkan pengakuannya, aksi tersebut dilakukan seorang diri. Sekitar pukul 04.00, dia masuk ke dalam ruang mesin ATM dengan membawa sejumlah peralatan, di antaranya obeng, tang, dan palu.

Pemuda yang berprofesi sebagai tukang las ini, cukup terampil untuk membongkar mesin ATM. Dengan peralatan sederhana, Ardi nyaris berhasil mengambil uang yang berada di dalamnya. Namun, hingga dua jam berlalu, usaha tersebut tak membuahkan hasil.

”Seharusnya kurang sedikit lagi, saya bisa ambil uangnya. Tapi, sudah keburu tertangkap,” tutur Ardi yang mengaku mengonsumsi pil koplo sebelum beraksi tersebut.

Petugas keamanan yang curiga dengan gerak-gerik tersangka, akhirnya melapor ke polisi. Ardi pun berhasil diringkus, berikut peralatan yang dia gunakan untuk beraksi dan beberapa butir pil koplo.

”Kami juga menemukan sejumlah kartu ATM dari dompet tersangka. Temuan ini akan kami kembangkan lagi, karena tak tertutup kemungkinan, tersangka juga menjadi bagian dari sindikat pembobol ATM,” kata Kombes Djihartono, Kapolrestabes Semarang. (Tri Wuryono/Suwoko)